Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peranan Orang Tua Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2019/2020

Inayah, Febriani (2019) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peranan Orang Tua Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (530kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (534kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (491kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (474kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (250kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan akhlak siswa di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020; (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peranan orang tua terhadap pembentukan akhlak siswa di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020; (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah dan peranan orang tua terhadap pembentukan akhlak siswa di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 177 siswa, kemudian diambil sampel sebesar 64 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan pembentukan akhlak siswa kelas VIII MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Berdasarkan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (3,447 > 1,670) dan nilai P value (sig) lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara peranan orang tua dengan pembentukan akhlak siswa kelas VIII MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Berdasarkan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (4,925 > 1,670) dan nilai P value (sig) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan peranan orang tua terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Berdasarkan hasil uji F stimultan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (30,502 > 3,15) dengan nilai signifikansi 0,000. Ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah, Peranan Orang Tua, dan Pembentukan Akhlak Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:33
Last Modified: 29 Apr 2021 03:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4035

Actions (login required)

View Item View Item