Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di MA Ma’ahid Kudus Tahun 2020

Marifah, Endang Uli Fatul (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI)dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di MA Ma’ahid Kudus Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 cover-kata pegnantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (781kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (491kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (591kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Guru Pendidikan Agama Islam meningkatkan motivasi belajar siswa sebelum masa pandemi covid-19 di MA Ma’ahid Kudus. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MA Ma’ahid Kudus. 3) Motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MA Ma’ahid Kudus. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, 4 Guru PAI, dan 20 Siswa MA Ma'ahid Kudus. Metode penelitin yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non-partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Guru PAI meningkatkan motivasi belajar siswa sebelum pandemi covid-19 di MA Ma'ahid dengan berbagai cara. Cara yang biasanya digunakan adalah metode pembelajaran bervariasi, pertanyaan dadakan, pemberian nilai, tugas, pujian dan tepuk tangan. 2) Peran Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MA Ma’ahid Kudus tetap menjalankan perannya sebagai motivator dan sesuai arahan dari protokol pemerintah dan kepala madrasah. Pada masa pandemi covid-19 guru PAI mengalami berbagai kendala seperti: jaringan, siswa yang tidak memiliki Hp, dan siswa yang membantu orang ta saat pembelajaran. Ada pun solusi yang dilakukan oleh guru PAI yaitu, memberikan tugas, mengshare video yang berkaitan dengan materi, memberikan pujian, absen, dan meberikan apresiasi kepada siswa. 3) Motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di MA Ma’ahid Kudus dikatakan menurun karena baru pertama kali melakukan pembelajaran secara online sehingga belum ada persiapan secara matang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar Siswa, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:02
Last Modified: 30 Apr 2021 02:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4050

Actions (login required)

View Item View Item