Syifaunnas, Syifaunnas (2020) Pembentukan Karakter Tanggungjawab Melalui Kegiatan Keagamaan Shalat Berjama’ah Dan Istighosah Di MTS Darul Hikam Undaan Kudus Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (798kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (446kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (554kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (231kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (524kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (117kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pembentukan Karakter Tanggungjawab Melalui Kegiatan Keagamaan Shalat Berjama’ah Dan Istighosah, Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan dan pemahaman tentang kegiatan keagamaan. Dengan harapan siswa yang terbiasa mengikuti kegiatan keagamaan di madrasah maupun proses pembelajaran di kelas akan memiliki karakter tanggungjawab yang baik dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakteratanggung jawab siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Darul Hikam Undaan Kudus Tahun 2019. Serta untuk mengetahui faktor apendukung dan penghambat pembentukan karakteratanggung jawab siswa amelalui kegiatan keagamaan di MTs Darul Hikam Undaan Kudus Tahun 2019. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisipasi pasif (passive participant), wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan member check. Selanjutnya untuk analisis data, yaitu reduksi data, display dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru PAI, serta peserta didik kelas VIII MTs Darul Hikam Undaan Kudus. Hasil penelitian menunjukkan adanya 1) pembentukan karakter tanggung jawab siswa melalui kegiatan keagamaan shalat berjamaah dan istighosah di MTs Darul Hikam Undaan Kudus dapat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan shalat berjamaah dan istighosah harus dilaksanakan secara rutin pada siswa dengan tujuan menghasilkan karakter tanggung jawab dengan dibiasakan kepada generasi muda sejak dini karena diharapkan dapat menyatu dalama diri siswa sehingga menjadi pedoman dalam bertingkah laku di kehidupan sehari-harinya hingga pada akhirnya akan menjadi karakter tanggungjawab siswa yang permanen. 2) faktor pendukung pembentukan karakter tanggungjawab siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Darul Hikam Undaan Kudus yaitu adanya kesadaran diri dari siswa, adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya kerja sama antara guru dan warga Madrasah, adanya absensi kegiatan shalat berjamaah dan istighosah. Sedangkan faktor Penghambatya adalah dilihat dari latar belakang siswa, dan dilihat dari faktor lingkungan yaitu lingkungan madrasah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter tanggungjawab, Shalat Berjama’ah, Istighosah |
Subjects: | Fiqih > Ibadah > Shalat 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 02:30 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 02:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4055 |
Actions (login required)
View Item |