Sari, Ratna Melita (2020) Penerapan Supervisi Akademik Oleh Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Di MTs Shirathul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (548kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (477kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (374kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (473kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (336kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MTs Shirathul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MTs Shirathul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara kepada kepada madrasah dan guru pendidikan agama Islam yang terdiri dari guru Akidah Akhlak, al-Qur’an Hadis, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab) dengan melakukan penarikan kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa 1) pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala madrasah di MTs Shirathul Ulum dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan penyusunan jadwal kemudian membuat janji dengan guru dan meminta guru untuk melengkapi administrasi pendidikan. Pelaksanaan dilakukan 2 kali dalam satu tahun, kepala madrasah melakukan observasi kelas, pemeriksaan administrasi pendidikan dan mengadakan pertemuan balikan. Evaluasi yaitu dengan memberikan motivasi dan bimbingan perbaikan pada kesalahan guru ketiga kegiatan pembelajaran. 2) faktor pendukung supervisi akademik kepala madrasah adalah kesiapan guru, keterampilan guru dalam mengelola kelas, kelengkapan komponen madrasah, sedangkan faktor penghambat supervisi akademik kepala madrasah adalah keterbatasan waktu dan adanya beberapa guru senior (kyai). Dalam mengatasi keterbatasan waktu pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah melakukan rapat bulanan atau pertemuan kepada para guru untuk membahas kegiatan lanjutan dari pelaksanaan supervisi akademik serta kepala madrasah meminta bantuan kepada wakil kepala madrasah serta guru-guru yang lain untuk membantu guru senior yang memiliki permasalahan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 May 2021 04:25 |
Last Modified: | 06 May 2021 04:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4119 |
Actions (login required)
View Item |