Cholifah, Siti (2020) Konsep Pendidikan Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah dalam Kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I Karya Umar Bin Ahmad Baraja. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (703kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (350kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (482kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (302kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (566kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
Abstract
Pendidikan akhlak anak sangat mempengaruhi seseorang ketika ia dewasa nantinya. Dimana pendidikan akhlak merupakan suatu proses dalam pertumbuhan, penanaman, dan pembentukan akhlakul karimah terhadap peserta didik, maka sudah seharusnya pendidikan akhlak diberikan kepada peserta didik di bangku Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, karena dijenjang tersebut pembentukan akhlak anak akan mulai mendapat pengaruh dalam kehidupannya, anak sudah bisa berfikir secara konkrit atau menalar, anak akan melakukan yang seharusnya dilakukan dan meninggalkannya apabila dianggap tidak baik. Kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I Karya Umar Ahmad Baraja merupakan salah satu kitab yang paling dasar untuk pendidik akhlak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I Karya Umar Bin Ahmad Baraja serta relevansi pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I Karya Umar Bin Ahmad Baraja dengan pendidikan akhlak Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research atau kepustakaan. Dimana sumber data yang kumpulkan dari bahan-bahan pustaka seperti buku tentang pendidikan akhlak, kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I Karya Umar Bin Ahmad Baraja, dan jurnal yang terkait dengan penelitian. Dengan pengumpulan data berupa dokumentasi, kemudian data di analisis. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni content analysis atau analisis isi dengan menggunakan metode deduktif. Setelah di analisis, penelitian ini menghasilkan temuan bahwasannya pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I Karya Umar Bin Ahmad Baraja bertujuan untuk membekali seseorang dalam kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Begitu juga dengan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah yang merupakan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah yang mana pelajaran akhlak tidak terpisah dari pelajaran akidah yang bertujuan untuk menjadikan peserta didik yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia sehingga terciptalah tujuan pendidikan Nasional. Begitu juga dengan materi yang yang diberikan oleh Umar Bin Ahmad Baraja, seperti Akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada Nabi Muhammad, dan juga akhlak kepada sesama manusia. Semua materi tersebut telah diberikan pada pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah, namun materi yang ada dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I langsung memberikan contoh-contohnya dalam berakhlak. Dan untuk penyampaian materi tersebut, Umar Bin Ahmad Baraja memberikan beberapa metode, diantaranya metode cerita, laihan, keteladanan, dan nasehat. Yang tidak jauh berbeda dengan penggunaan metode dalam pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Sehingga apabila memberikan pendidikan akhlak di Madrasah Ibtidaiyah, dapat menjadikan kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I sebagai acuan bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah, Kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 May 2021 01:29 |
Last Modified: | 18 May 2021 01:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4179 |
Actions (login required)
View Item |