Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi (SDN Langenharjo 02 Pati)

Sari, Intan Permata (2019) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi (SDN Langenharjo 02 Pati). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu karena selama ini pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus lebih banyak diselenggarakan secara segresi di Sekolah Luar Biasa (SLB). Hal ini yang mendorong munculnya pendidikan inklusi. Model yang diberikan pada sekolah inklusi ini menggunakan prinsip education for all. Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), membutuhkan strategi tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing, dengan bantuan Guru Pendamping Khusus (GPK). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SDN Langenharjo 02 Pati. 2) Mengetahui faktor penghambat dalam proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SDN Langenharjo 02 Pati. 3) Mengetahui upaya guru dalam mengatasi hambatan yang ada dalam proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SDN Langenharjo 02 Pati. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan paradigma fenomenologi Lokasi penelitian di SDN Langenharjo 02. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas inklusi, siswa berkebutuhan khusus maupun siswa normal. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi pasif, wawancara teretruktur, dan dokumentasi. Metode analisis data yang di gunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SDN Langenharjo 02 Pati, dilakukan melalui beberapa tahap: a) Tahap perencanaan dengan melakukan identifikasi dan asasemen terlebih dahulu untuk siswa berkebutuhan khusus untuk mengetahui kelemahan dan hambatannya, kemudian hasil tersebut digunakan untuk membuat layanan pembelajaran individual untuk masing-masing siswa ABK yang disesuaikan dengan hambatan kebutuhan yang di miliki, dan dilanjutkan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). b) Tahap pelaksanaan. Pembelajaran di kelas inklusi menggunakan kurilum modifikasi yang di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa ABK. inti kegiatannya terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar, dan mengkomunikasikan yang di sesuaikan dengan layanan pembelajaran individual masing-masing siswa ABK. Inti layanan pembelajaran individual masing-masing siswa ABK yaitu pertama siswa hiperaktif dengan pemusatan fokus belajar menggunakan media, kedua siswa tunadaksa sedang, dengan memberikan pelatihan gerak (bina gerak) menulis agar tidak kaku, ketiga siswa lamban belajar satu dan dua dengan melatih anak untuk dapat membuat catatan sederhana dan memberikan intruksi secara jelas dan langsung. c) Tahap Evaluasi dan monitoring yang terdiri dari penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik, yang di bedakan antara siswa normal dan siswa ABK. Hasil dari evaluasi kemudian digunakan untuk proses monitoring guna pertimbangan pendampingan belajar lebih lanjut untuk siswa ABK. 2) Faktor penghambat dalam proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SDN Langenharjo 02 Pati yaitu tidak adanya Guru Pendamping Khusus (GPK), sehingga penanganan kurang tepat, kurangnya kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran inklusi, kurang terpenuhinya fasilitas sarana prasarana yang menunjang aksesbilitas siswa ABK sesuai dengan kebutuhannya. 3) Upaya guru dalam mengatasi hambatan yang ada dalam proses pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi SDN Langenharjo 02 Pati yaitu mengikuti pelatihan atau seminar mengenai pelaksanaan sekolah inklusi maupun siswa berkebutuhan khusus untuk guru kelas inklusi guna meningkatkan kompetensi dan kemampuan guru dalam mengajar siswa ABK di kelas inklusi, memaksimalkan sumberdaya manusia yang ada, serta memaksimalkan fasilitas sarana prasarana yang ada sesuai dengan fungsinya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inklusi, Layanan Pembelajaran Individual, ABK
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2021 03:03
Last Modified: 27 May 2021 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4271

Actions (login required)

View Item View Item