Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Huda, Syariful (2020) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (697kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (637kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (976kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (729kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter. 2) Metode yang digunakan dalam dalam pelaksanaan implementasi nilai-nilai pendidikan. 3) Faktor pendukung serta faktor penghambat dari pelaksanaan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verification (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Implementasi pendidikan karakter diterapkan melalui berbagai kegiatan kegiatan mengaji, jama’ah, belajar malam, ro’an dan lainnya. Implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus mengimplementasikan nilai-nilai karakter, yakni nilai karakter religius, mandiri, didpli, hormat, jujur serta cinta ilmu dan Al-Qur’an. 2) Proses implementasi pendidikan karakter bukan sekedar wacana melainkan telah diterapkan melalui beberapa metode yaitu metode pembiasaan, metode keteladaan, dan metode pemberian nasehat. 3) Faktor penghambat implmentasi pendidikan karakter yaitu Latar belakang atau keadaan santri yang berbeda-beda ketika belum memasuki pondok pesantren, Kurangnya pengawasan wali santri terhadap anaknya ketika berada di rumah, Pengaruh dari teman atau pergaulan santri, kemajuan teknologi juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan santri melakukan hal yang kurang baik, seperti diam-diam kedapatan membawa barang elektronik, hp dan lain-lain. Adapun faktor Pendukung implmentasi pendidikan karakter adalah Kebijakan-kebijakan dari pengasuh pondok pesantren yang tertuang dalam tata tertib yang mendukung setiap program pondok pesantren, Lingkungan pondok pesantren yang kondusif dan strategis, Bimbingan, motivasi, nasehat serta penagawasan dari Ustadz dan pengurus pondok pesantren, dan Sarana dan prasarana yang terdapat di pondok pesantren yang baik dan mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai Pendidikan Karakter
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:45
Last Modified: 03 Jun 2021 01:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item View Item