Hasanah, Ifa Ulfatun (2020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyusun Kalimat Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Di MI Sirojul Huda Kayen Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (526kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (434kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (733kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (648kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (892kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (441kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di MI Sirojul Huda Kayen Pati tahun pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui keterampilan menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III di MI Sirojul Huda Kayen Pati tahun pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap peningkatan keterampilan menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di MI Sirojul Huda Kayen Pati tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak penulis. Penelitian ini menggunakan metode survey. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MI Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati yakni pada ruang lingkup kelas III. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas III, kemudian diambil sampel 19 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III di MI Sirojul Huda Kayen Pati tahun pelajaran 2020/2021 dikategorikan tepat, hal itu didapatkan dengan berpedoman pada µ = 69,8, karena nilai tersebut terletak pada rentang interval 69 – 74. Dengan nilai thitung > -ttabel yakni 0,4 > -1,734 maka H0 diterima dan Ha ditolak. (2) Keterampilan menyusun kalimat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III di MI Sirojul Huda Kayen Pati tahun pelajaran 2020/2021 dikategorikan tepat, hal itu didapatkan dengan berpedoman pada µ = 43,02, karena nilai tersebut terletak pada rentang interval 43 – 46. Dengan nilai thitung > -ttabel yakni 0,051 > -1,734 maka H0 diterima dan Ha ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran scramble terhadap peningkatan keterampilan menyusun kalimat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III di MI Sirojul Huda Kayen Pati tahun pelajaran 2020/2021, hal itu didapatkan dengan berpedoman pada uji regresi, uji F, dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Pada uji regresi diperoleh rhitung sebesar 0,601 dan rtabel sebesar 0,456 sehingga hasilnya adalah rtabel< rhitung (0,456 < 0,601) maka µ1 diterima. Kemudian dengan menggunakan perhitungan uji F diperoleh Ftabel< Fhitung (3,634 < 9,548 ) maka µ1 diterima. Yang terakhir dengan menggunakan perhitungan uji t diperoleh thitung sebesar 3,090 dan ttabel 1,734 sehingga hasilnya adalah thitung > ttabel (3,090 > 1,734) maka µ1 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Scramble, Keterampilan Menyusun Kalimat |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 02:35 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 02:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4331 |
Actions (login required)
View Item |