Implementasi Metode Diskusi dalam Upaya Meningkatkan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Arifin, Miftakhul (2020) Implementasi Metode Diskusi dalam Upaya Meningkatkan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (848kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (81kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (496kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bagaimana implementasi metode diskusi dalam meningkatkan pemikiran kritis siswa dalam pembelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon, Jekulo, Kudus. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam proses Implementasi metode diskusi dalam upaya meningkatkan pemikiran kritis siswa dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsyanawiyah Miftahul Huda Bulung Kulon, Jekulo, Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian di Madarasah Tsyanawiyah Miftahul Huda Bulung Kulon, Jekulo, Kudus. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Fiqih dan Siswa Madarasah Tsyanawiyah Miftahul Huda Bulung Kulon, Jekulo, Kudus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis data interaktif, yaitu: data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil peneliti menunjukkan bahawa madrasah telah mengimplementasikan metode diskusi dalam upaya meningkatkan pemikiran kritis siswa dalam pembelajaran fiqih dengan melakukan perncanaan yang berupa pembuatan RPP setelah itu mempersiapkan materi yang diajarkan, media yang akan digunakan dan soal-soal evaluasi guna mengukur seberapa besar pemahaman siswa tentang materi. Sedangkan dalam pelaksanaan metode diskusi guru memberikan sebuah gambar terkait materi untuk diamat kemudian di suruh menyampaikan hasil pengamatan. Selanjutnya guru membagi beberapa dan menyuruh masing-masing kelompok membuat sebuah pertanyaan untuk di diskusikan kelompok lain. setelah diskusi berakhir guru memberikan pembenaran terkait diskusi yang dilakukan oleh siswa segaligus menunjuk salah satu siswa untuk menyimpilkan tentang materi yang pelajari pada hari ini yang kemudian guru menambah kesimpulan jika dirasa kurang tepat. Selanjutnya guru mengapresiasi pelaksanaan diskusi yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode diskusi , pemikiran kritis siswa, pembelajaran fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:33
Last Modified: 18 Jun 2021 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4433

Actions (login required)

View Item View Item