Analisis Gaya Belajar Dalam Meningkatkan Konsentrasi Siswa Pada Kegiatan Tahfidz Kelas VIII Mts Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak

Ulfah, Asnaul (2021) Analisis Gaya Belajar Dalam Meningkatkan Konsentrasi Siswa Pada Kegiatan Tahfidz Kelas VIII Mts Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (415kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda dengan yang lainnya. Dengan pemilihan gaya belajar yang tepat mampu meningkatkan konsentrasi yang baik. Terutama dalam kegiatan tahfidz yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi perlu adanya pemilihan gaya belajar yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan tentang: (1) Gaya belajar siswa kelas VIII dalam kegiatan tahfidz di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Demak.(2) Konsentrasi siswa kelas VIII dalam kegiatan Tahfidz di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Demak.(3) Keterkaitan gaya belajar meningkatkan konsentrasi siswa di kegiatan tahfidz Kelas VIII MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan yang menjadi subyek penelitian adalah siswa tahfidz kelas VIII MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak. Adapun metode dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di MTs Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gaya belajar siswa tahfidz kelas VIII MTs Nahdlotussibyan terbagi menjadi tiga yakni gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. (2) Konsentrasi siswa tahfidz kelas VIII MTs Nahdlotussibyan dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu faktor internal berupa kesehatan serta perasaan dan faktor eksternal berupa keadaan lingkungan sekitar, penerangan, dan pengaturan suhu. (3) Gaya belajar siswa tahfidz di MTs Nahdlotussibyan sangat mempengaruhi konsentrasi dalam menghafal. Dengan mempertimbangkan dan meminimalisir faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasi belajar, gaya belajar dapat mendukung penuh konsentrasi selama menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Meningkatkan Konsentrasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2021 01:57
Last Modified: 23 Jun 2021 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4478

Actions (login required)

View Item View Item