SHOFIATUN, SHOFIATUN (2016) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN UNJUK KERJA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU MIFTAHUL MA'ARIF KALIWUNGU KUDUS TAHUN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (509kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (103kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (237kB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (330kB) |
|
Text
5. Bab 2.pdf Download (479kB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf Download (284kB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf Download (447kB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf Download (350kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (177kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Strategi guru dalam menerapkan penilaian unjuk kerja pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Miftahul Ma'arif Kaliwungu Kudus. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan penilaian unjuk kerja pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Miftahul Ma'arif Kaliwungu Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu kegiatan penelitian yang bersifat menggambarkan atau mendeskripsikan suatu kejadian atau peristiwa. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Strategi guru dalam menerapkan penilaian unjuk kerja pada mata pelajaran fiqih adalah sebagai berikut:(a) Menyusun rencana evaluasi hasil belajar dengan menentukan indikator hasil belajar yang akan dievaluasi, (b) Mempertimbangkan teknik penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, (c) Menyiapkan alat bantu pendukung pelaksanaan penilaian, (d) Menginformasikan tata cara dan tujuan pelaksanaan penilaian unjuk kerja, (e) Menghimpun data yang diperoleh dalam pelaksanaan penilaian, (f) Mengolah dan menganalisis data yang diperoleh melalui pengamatan (observasi). 2). faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian unjuk kerja, adapun faktor pendukungnya antara lain, (a) faktor internal adalah faktor dalam pribadi peserta didik (adanya perhatian peserta didik dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru fiqih, Peserta didik merasa senang dan termotivasi dengan adanya media pembelajaran di kelas) dan pribadi guru (guru selalu memotivasi peserta didik, metode pembelajaran guru yang bervariasi, adanya perhatian guru dengan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran dan memberikan penilaian). (b) faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar antara lain sarana prasarana yang sudah memadai, adanya jam tambahan dalam pelaksanaan penilaian unjuk kerja. Sedangkan faktor penghambat antara lain, (a) faktor peserta didik (kurang adanya kesadaran dalam mengerjakan tugas dari guru/siswa yang malas, tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda, minimnya konsetrasi peserta didik dalam pelaksanaan evaluasi), (b) faktor guru (guru kesulitan menghadapi perbedaan karakteristik peserta didik, guru kesulitan mengkondisikan peserta didik, guru kesulitan menentukkan indikator penilaian, guru kesulitan menentukkan keputusan nilai akhir)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, Penilaian, Unjuk kerja. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Feb 2017 04:52 |
Last Modified: | 05 Feb 2017 04:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/449 |
Actions (login required)
View Item |