Penerapan Model Pembelajaran Example non Example Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Matholiul Huda Kudus TahunAjaran 2018/2019

Amin, Muhammad Syifauddin (2020) Penerapan Model Pembelajaran Example non Example Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Matholiul Huda Kudus TahunAjaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (444kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode example non example dalam pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di MTs Matholiul Huda Kudus tahuna jaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi analisis. Dalam penyusunannya, skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian yang ditemukan dalam keadaan sebenarnya dengan tidak menggunakan prosedur statistik atau hitungan. Selanjutnya untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode observasipasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran example non example dalam pembelajaran matapelajaran akidah akhlak di MTs Matholiul Huda Kudus tidak diajarkan pada semua materi matapelajaran akidah akhlak, hanya beberapa materi yang bisa disampaikan menggunakan Model pembelajaran example non example, dalam pembelajaran guru melibatkan siswa untuk ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan cara memberikan siswa beberapa contoh, selain itu guru dalam menyampaikan matapelajaran akidah akhlak menggunakan beberapa metode dan dikaitkan dengan kehidupan sehari-sehari sehingga siswa tidak cepat bosan dan mudah dipahami oleh siswa. Dalam menyampaikan mata pelajaran akidah akhlak terdapat beberapa hambatan, yakni faktor media, faktor teknis dan faktor materi pelajaran. Sedangkan upaya guru untuk mengatasi hambatan tersebut dengan cara mengalihkan ke media yang lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Example non Example, Mata PelajaranAkidahAkhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:15
Last Modified: 23 Jun 2021 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4492

Actions (login required)

View Item View Item