Strategi Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus dalam Pembentukan Karakter Santri

Rofiqoh, Nailatur (2020) Strategi Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus dalam Pembentukan Karakter Santri. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui strategi pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus dalam pembentukan karakter santri. 2) Untuk mengetahui karakter apa saja yang terbentuk oleh strategi pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus. 3) Untuk mengetahui keefektifan strategi pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus dalam pembentukan karakter santri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dengan pengasuh pondok, ketua pondok, divisi pengurus, ustazah dan santri, serta dokumentasi. Data penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus dalam pembentukan karakter santri yaitu dengan menggunakan seperangkat komponen pendidikan pesantren sebagai wadah untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada santri dan menggunakan pendekatan yang terinci dalam beberapa metode sebagai proses penginternalisasiannya. Adapun seperangkat komponen pendidikan pondok pesantren tersebut meliputi tujuan, kurikulum, pendidik (kyai, ustazah dan pengurus), peserta didik (santri), metode pengajaran, media pengajaran, sarana dan prasarana serta evaluasi. Sedangkan pendekatannya yaitu menggunakan metode keteladanan, metode kedisiplinan, metode pembiasaan, metode ibrah, dan metode mauidzoh (nasehat). 2) Karakter yang terbentuk oleh strategi pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab, taat, sopan santun dan tawadlu’, rajin, sederhana dan qona’ah. 3) Keefektifan strategi pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Kudus dalam pembentukan karakter santri terlihat dari beberapa karakter yang mampu terinternalisasikan dari beberapa karakter yang diharapkan. Ada empat belas karakter yang mampu terinternalisasikan dari delapan belas karakter yang diharapkan. Penginternaisasian nilai-nilai karakter dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu diri santri itu sendiri dan faktor eksternalnya yaitu seperangkat komponen pendidikan serta pelaksanaan pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pendidikan Pesantren, Pembentukan Karakter
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:40
Last Modified: 25 Jun 2021 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4508

Actions (login required)

View Item View Item