Ummah, Hanik Sa’idatul (2020) Pembelajaran Ekstrakurikuler Musyawarah Kitab di MA Khoiriyah Waturoyo Margoyoso Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.Cover-Kata pengantar.pdf Download (649kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (120kB) |
|
Text
3.Daftar isi.pdf Download (146kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (434kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (559kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (183kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (347kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (209kB) |
|
Text
9.Daftra Pustaka.pdf Download (277kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui metode pembelajaran yang dipaka dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler musyawarah kitab di MA Khoiriyah Waturoyo Margoyoso Pati. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan juga penghambat dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler musyawarah kitab di MA Khoiriyah Waturoyo Margooyoso Pati. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field reseach) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dengan Kepala madrsah, Wa ka kurikulum, tutor sebaya, 6 peserta didik kelas X, observasi di MA Khoiriyah Waturoyo Margoyoso Pati, dokumentasi. Semua data dianalisi dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulaan data, reduksi data (data reduction) berupa hal-hal pokok yang penting yang tekait dengan proses pembelajaran ekstrakurikuler musyawarah kitab yaitu terkait dengan materi yang akan diajarkan oleh tutor sebaya kepada peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas, dan memilih beberapa metode pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan materi yang diajarkan, penyajian data (data display) yaitu berupa iteraksi dalam proses pembelajaran antara tutor dengan peserta didik, ataupun peserta didik dengan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami materi yang sedang dipelajari, dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran ekstrakurikuler musyawarah kitab dipandu secara langsung dengan tutor sebayanya, proses pembelajaran dilaksanakan dalam satu minggu satu kali didalam kelas, dan bahan ajar yang digunakan adalah dengan menggunakan kitab fathul qorib yang isinya membahas tentang materi fiqih tentang keseharian, tutor menyampaikan beberapa materi yang dibahas didepan peserta didik kemudian peserta didik menyimak dan akan bertanya ketika ia mengalami ketidak fahaman. 2) Adanya beberapa faktor dalam pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler musyawarah kitab yang meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung: a) Adanya proses interaktif antara tutor sebaya dengan peserta didik; b) Kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; c) Memiliki niat yang sungguh-sungguh dalam belajar ilmu fiqih. Faktor penghambat: a) Rasa jenuh; b) suasana kelas yang kurang kondusif; c) Hilangnya konsentrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proses pembelajaran, ekstrakurikuler musyawarah kitab |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 04:12 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 04:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4675 |
Actions (login required)
View Item |