Implementasi Manajemen Madrasah Unggul Berbasis Kurikulum Pesantren

Sutrisno, Sutrisno (2020) Implementasi Manajemen Madrasah Unggul Berbasis Kurikulum Pesantren. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
5. BAN II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Menurut Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 posisi madrasah dengan sekolah ditetapkan sejajar dan sederajat. Hal ini merupakan kesempatan emas bagi penyelenggara pendidikan di madrasah untuk mengembangkan mengejar ketertinggalannya pada mutu penyelenggaraan dan mutu lulusan agar kualitasnya sama dengan sekolah umum. Manajemen madrasah unggul berbasis kurikulum pesantren yang diterapkan di MI Qudsiyyah Kudus secara konseptual merupakan manifestasi dari divinity based education. Secara teknis model pengelolaan ini merupakan perpaduan kurikulum pendidikan umum dengan pendidikan pesantren sebagai solusi kesenjangan kualitas madrasah dan dapat mewujudkan visi misi utama pendidikan madrasah yaitu Tafaqquh Fiddin dan Rahmatan Lil Alamin. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan dalam manajemen madrasah berbasis kurikulum pesantren meliputi perencanaan, strategi pengembangan, implementasi dan evaluasi pengelolaan di MI Qudsiyyah Kudus. Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari kegiatan wawancara dengan informan yang meliputi kepala sekolah, Waka Kurikulum, Waka Humas, Waka Sarpras, guru dan siswa, observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan berupa penelaahan tujuan, konten kurikulum melalui pendekatan mata pelajaran dan pendekatan proses, kegiatan (aktivitas), sumber yang digunakan dan instrumen evaluasi (pengukuran), 2) Strategi pengembangan yang diterapkan meliputi membangun kekuatan internal madrasah, memperkuat kepemimpinan, membangun pencitraan madrasah, progam unggulan, membangun kepedulian sosial; 3) Pelaksanaan kurikulum integrasi di MI Qudsiyyah memprioritaskan sisi unggulan meliputi input terseleksi ketat, guru profesional serta siswa berprestasi, inovasi kurikulum, kontributif di tengah masyarakat, sebelum masa pandemi COVID-19 dilaksanakan dengan aktifitas normal dan kegiatan pembelajaran tatap muka di madrasah. Kemudian Pelaksanaan Kurikulum selama masa pandemi COVID-19 saat ini kegiatan aktifitas pendidikan dilaksanakan secara daring penuh; 4) Evaluasi manajemen dilaksanakan dengan model evaluasi bulanan dan evaluasi progam kerja tahunan dengan tahapan; menganalisis progam yang sudah ada, pemantauan dan pengawasan dan membuat laporan tertulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Madrasah Unggul, Kurikulum Pesantren
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:34
Last Modified: 06 Jul 2021 04:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item View Item