Zuliati, Sri (2020) Implementasi Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik (Studi Kasus pada Mata Pelajaran PAI di MI Kecamatan Dukuhseti Pati). Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (853kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (197kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (362kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (129kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (337kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (81kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan kerja sama peserta didik; 2) Untuk mengetahui efektivitas penilaian autentik dalam meningkatkan kemampuan kerja sama peserta didik pada mata pelajaran PAI di MI Kecamatan Dukuhseti Pati, dan 3) Keaktifan peserta didik di kelas setelah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PAI di MI Kecamatan Dukuhseti Pati. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampling menggunakan nonprobability sampling dengan penentuan menggunakan purposive sampling dengan informan sebanyak 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, pelaporan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 mata pelajaran PAI untuk meningkatkan kemampuan kerja sama peserta didik adalah sebagai berikut: (a) motivasi; (b) pemahaman dasar guru terhadap penilaian autentik; dan (c) aspek kognitif, afektif, dan psikomotor; dan (2) Efektivitas penilaian autentik dalam meningkatkan kemampuan kerja sama peserta didik pada mata pelajaran PAI di MI Kecamatan Dukuhseti Pati adalah sebagai berikut: (a) menanamkan akhlak; (b) hasil belajar peserta didik lebih meningkat; dan (c) perubahan peserta didik secara positif, dan 3) Keaktifan peserta didik di kelas setelah menggunakan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran PAI di MI Kecamatan Dukuhseti Pati adalah sebagai berikut: (a) pengelolaan kelas, (b) cara mengemas peyampaian materi, dan (c) kesiapan guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik, Pembelajaran Kooperatif, Mata Pelajaran PAI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 05:42 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 05:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4914 |
Actions (login required)
View Item |