Budianto, Muhammad (2020) Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI di Kecamatan Nalumsari Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4.BAB 1.pdf Download (449kB) |
|
Text
5.BAB 2.pdf Download (643kB) |
|
Text
6.BAB 3.pdf Download (307kB) |
|
Text
7.BAB 4.pdf Download (912kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (290kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
Abstract
Guru mempunyai peran sangat penting dan merupakan kunci pokok bagi keberhasilan peningkatan mutu pendidikan.Untuk itu kemampuan kompetensi guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan dengan berbagai upaya antara lain melalui pendidikan, pelatihan dan pembinaan profesional seperti kelompok kerja guru. KKG PAI Kecamatan Nalumsari Jepara dengan karakteristik yang ada di dalamnya berupaya menjadi wadah peningkatan kompentensi bagi guru PAI di Kecamatan Nalumsari. Pokok masalah tesis ini adalah Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Nalumsari Jepara. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu, 1) mendeskripsikan upaya pemberdayaan kelompok kerja guru dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di Kecamatan Nalumsari Jepara, 2) menjelaskan kontribusi pemberdayaan kelompok kerja guru dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di Kecamatan Nalumsari Jepara, 3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan kelompok kerja guru dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di Kecamatan Nalumsari Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipatif, dan studi dokumen. Teknik analisis/pengolahan data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya pemberdayaan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Nalumsari Jepara, dilakukan dalam dua aspek. Pertama, perencanaan, dimulai proses pendirian organisasi, visi misi dan tujuan, pembentukan kepengurusan dan penyusunan program kerja dan pelaporan. Kedua, pengembangan, yakni implementasi dari program kerja yang telah disusun dalam bentuk kegiatan rutin dua kali sebulan dan kegiatan insidentil. (2) Pemberdayaan KKG PAI di Kecamatan Nalumsari Jepara berkontribusi dalam peningkatan kompetensi guru PAI baik kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian maupun kompetensi profesional, meskipun kegiatan yang berorientasi pedagogik menempati porsi yang lebih besar. (3) Faktor pendukung pemberdayaan kelompok kerja guru dalam meningkatkan kompetensi Guru PAI di Kecamatan Nalumsari Jepara antara lain: (a) faktor pendidikan, (b) faktor usia, (c) faktor semangat dan antusiasme, yang merupakan faktor internal dan (d) faktor pengawasan sebagai faktor eksternal. Adapun faktor penghambat pemberdayaan kelompok kerja guru dalam meningkatkan kompetensi Guru PAI di Kecamatan Nalumsari Jepara antara lain: (a) faktor sarana dan prasarana, (b) faktor pendanaan, (c) faktor penguasaan IT yang belum maksimal dan merata, yang merupakan faktor internal dan (d) kurangnya dukungan dari stakeholder merupakan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Kelompok Kerja Guru (KKG), Pendidikan Agama Islam (PAI), Kompetensi Guru. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 06:39 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 06:39 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4917 |
Actions (login required)
View Item |