Pengaruh Kualifikasi Guru PAI tersertifikasi Melalui PLPG dan PPG terhadap Kinerja Guru di SMA se-Kabupaten Demak Tahun 2019

Watsiq, Ahmad (2020) Pengaruh Kualifikasi Guru PAI tersertifikasi Melalui PLPG dan PPG terhadap Kinerja Guru di SMA se-Kabupaten Demak Tahun 2019. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (857kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (387kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Profesi mengajar adalah suatu pekerjaan yang memiliki nilai kemuliaan dan ibadah. Mengajar adalah suatu kewajiban bagi setiap orang yang memiliki pengetahuan. Setiap guru profesional harus mampu menguasai pengetahuan yang mendalam dalam spesialisasinya dimana penguasaan pengetahuan. Sebagian orang berpandangan bahwa tugas seorang guru hanyalah mendidik dan mengajar saja, dalam hal ini mereka yang berpandangan seperti itu masih kurang mengerti bahwa sebenarnya mengajar itu termasuk di dalamnya adalah mendidik. Dengan demikian guru professional di kabupaten demak menjadi guru yang di lirik semua guru, karena masalah tunjangan. Maka dari itu peneliti sangat tertarik menelitik guru PAI tersertifikasi mempengaruhi terhadap Kinerja Guru. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui (1). Pengaruh kualifikasi guru PAI tersertifikasi melalui PLPG terhadap Kinerja Guru di SMA se-Kabupaten Demak, (2). Pengaruh kualifikasi guru PAI tersertifikasi melalui PPG terhadap Kinerja Guru di SMA se-Kabupaten Demak, (3). Pengaruh kualifikasi guru PAI tersertifikasi melalui PLPG dan PPG terhadap kinerja Guru di SMA se-Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data dari pengisian kuesioner oleh guru PAI yang tersertifikasi dan dengan pendekatan deskripsi dengan tujuan untuk mendeskripsikan terhadap objek yang diteliti melalui sampel. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah: wawancara, angket dan observasi. Teknik pengujian isntrumen ini menggunakan: (1) Validitas yang dilakukan dengan menggunakan korelasi pearson product moment (2) uji reliabilitas dengan menggunakan metode alpha cronbach, dan (3) uji Asumsi Klasik dengan menggunakan multikoliniearitas, normalitas, dan autokorelasi. Teknik Analisa data diperoleh melalui analisa data yang bersifat kuantitatif dengan langkah : mengedit data, coding data, memberi skor, dan masukan dalam table. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru Pendidikan Agama Islam yang telah mengaplikasikan telah mengaplikasikan kemampuan dari berbagai program sertifikasi pada proses pembelajaran yang berkategori sedang sebesar 74% sesuai dengan aktivitas guru PAI tersertifikasi melalui PLPG. (2) Bentuk kualifikasi Guru Pendidikan Agama Islam tersertifikasi melalui PPG dalam Proses Pembelajaran pada Siswa di SMA se-Kabupaten Demak telah berkompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan kepemimpinan. Guru Pendidikan Agama Islam berkualifikasi yang tersertifikasi melalui PPG berkategori tinggi sebesar 80% sesuai dengan standar kompetensi.(3) Kualifikasi Guru Pendidikan Agama Islam tersertifikasi secara bersama-sama melalui PLPG dan PPG terhadap kinerja Guru di SMA se-Kabupaten Demak menghasilkan pengaruh yang positif (1 > 0.891) pada Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualifikasi Guru, Tersertifikasi PLPG dan PPG, Kinerja Guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Aug 2021 05:46
Last Modified: 20 Aug 2021 05:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item View Item