Fadilah, Melina Zakiya Erna (2021) Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Menghafal Mufradat Bahasa Arab Kelas V MI NU Raudlatul Wildan Ngembalrejo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover s.d Kata Pengantar.pdf Download (837kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (257kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (356kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (438kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (344kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (540kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (269kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
Abstract
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang disajikan secara deskriptif kualitatif, kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bernyanyi dalam menghafal mufrodat bahasa Arab kelas V di MI NU Raudlatul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus, mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode bernyanyi dalam menghafal mufrodat bahasa Arab kelas V MI NU Raudlatul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kredibilitas yang terdiri dari triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Data yang sudah terkumpul di analisis dengan teknik analisis data terdiri dari data collection, data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode bernyanyi dalam menghafal mufrodat bahasa arab kelas V MI NU Raudlatul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus menggunakan langkah-langkah yaitu, pendidik mengkondisikan peserta didik melalui ice breaking, kemudian peserta didik menulis permufrodat dibaca bersama-sama, selanjutnya pendidik menyuruh peserta didik untuk membaca sambil bernyanyi bersama-sama di sertai gerakan dan dibantu oleh pendidik, buku peserta didik ditutup dan dihafal dengan alokasi waktu 10 mufrodat bahasa arab dengan tema fil hadiiqah selama 2 menit, yang terakhir anak maju satu persatu. 2) Faktor pendukung metode bernyanyi dalam menghafal mufrodat bahasa arab kelas V MI NU Raudlatul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus yaitu kemampuan anak dalam perbendaharaan mufrodat bahasa arab karena anak yang berasal dari TPQ mempunyai pembekalan dan lebih menguasai, semangat anak yang tinggi dalam pembelajaran menyanyi karena menyanyi itu menyenangkan, sarana prasarana yang mendukung (audio visual). Faktor penghambat metode bernyanyi dalam menghafal mufrodat bahasa arab kelas V MI NU Raudlatul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus yaitu sebagian anak bisa menirukan mufrodat tapi tidak bisa menulis bahasa arab, hal ini membuat guru harus lebih mendekati, dituntun dan memperhatikan anak secara langsung; ada sebagian kecil peserta didik yang pendiam atau tidak suka bernyanyi, dan kurang tertib ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Solusinya pendidik harus lebih memberi perhatian khusus kepada anak yang bisa menirukan mufrodat tapi tidak bisa menulis bahasa arab dengan baik. Ketika sedang proses pembelajaran pendidik harus pandai menarik perhatian pada anak yang pendiam atau tidak suka bernyanyi serta kurang tertib dikelas, agar anak-anak tersebut menjadi senang dan tertarik pada pembelajaran bahasa arab menggunakan metode bernyanyi. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah kelas yang pada awalnya ada indikasi masalah dengan cara mengajar guru terutama dalam menghafal mufrodat bahasa arab, sekarang dapat teratasi karena guru menggunakan metode bernyanyi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode bernyanyi, mufrodat |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 02:11 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 02:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5048 |
Actions (login required)
View Item |