Khori’ah, Ema Tri (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Karakter Religius dan Sikap Peduli Sosial Siswa di Era Generasi Z di SMA N 1 Dempet Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (403kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (913kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (319kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (633kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (349kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam dunia pendidikan berkaitan dengan dekandensi moral yang terjadi ditengah masyarakat maupun di lingkungan sekolah yang semakin meningkat dan beragam. Adapun salah satu nilai-nilai pendidikan karakter yang harus dibentuk untuk mengatasi dekandensi moral yaitu membentuk karakter religius siswa dan sikap peduli sosial siswa. Untuk membantu peserta didik dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial, kecakapan guru pendidikan agama Islam dalam menjalankan perannya turut andil dalam pembentukan karakter tersebut. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk memahami peran guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa di Era Generasi Z di SMA Negeri 1 Dempet. (2) Untuk memahami peran guru PAI dalam membentuk karakter sikap peduli sosial siswa di Era Generasi Z di SMA Negeri 1 Dempet. (3) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Dempet Demak. Sumber primer dalam penelitian ini ialah guru PAI, dan siswa-siswi, sedangkan sumber sekunder yaitu Waka Kurikulum, selain itu juga berbentuk dokumen yang terkait dengan peran guru PAI dalam membentuk karakter religius dn sikap peduli sosial siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: data reduction, data display, Conclusion Drawing/ Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam mempunyai peran dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial. Beberapa peran guru PAI dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial yaitu diantaranya berperan sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, teladan, pemimpin, motivator dan fasilitator. Faktor pendukungnya, yaitu adanya dukungan dari keluarga dan lingkungan siswa, budaya atau kebiasaan yang diterapkan disekolah, pimpinan atau guru PAI itu sendiri, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial. Sedangkan faktor penghambat dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli sosial siswa yaitu keterbatasan waktu, pengaruh kondisi lingkungan siswa dirumah, kurangnya perhatian orang tua, dan pengaruh negatif internet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter, Religius, Peduli Sosial, Generasi Z |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 02:59 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 02:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5110 |
Actions (login required)
View Item |