Akhlak Guru Dalam Kitab Taisiirul Khallaq Karya Hafidh Hasan Al-Mas’udi

Tilawah, Efa Khusnut (2021) Akhlak Guru Dalam Kitab Taisiirul Khallaq Karya Hafidh Hasan Al-Mas’udi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (956kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (387kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan akhlak seorang guru dalam kitab Taisiirul Khallaq Karya Hafidh Hasan Al-Mas’udi. Serta untuk mendeskripsikan relevansi akhlaq seorang guru dalam kitab Taisiirul Khallaq karya Hafidh Hasan Al-Mas’udi dengan tujuan pendidikan sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Library Research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data serta informasi dengan bantuan berbagai macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis) yang berkaitan dengan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Akhlak seorang guru dalam kitab Taisiirul Khallaq karya Hafidh Hasan Al-Mas’udi adalah sifat-sifat terpuji yang harus ada dalam diri seorang guru untuk menghadapi peserta didik. Adapun sifat-sifat terpuji meliputi sifat taqwa, rendah hati dan ramah, sabar, berwibawa, penyayang, pemberi nasehat yang baik serta tidak membebani peserta didik. 2) Terdapat relevansi akhlak seorang guru dalam kitab Taisiirul Khallaq karya Hafidh Hasan Al-Mas’udi dengan tujuan pendidikan sekolah dasar. Seorang guru yang menanamkan akhlakul karimah (sifat taqwa, rendah hati dan ramah, sabar, berwibawa, penyayang, pemberi nasehat yang baik serta sikap seorang guru yang tidak membebani peserta didik) dalam dirinya kepada peserta didik, maka tujuan pendidikan sekolah dasar akan tercapai dengan baik. Sehingga peserta didik dapat tumbuh dan berkembang secara jasmani maupun rohani, serta bakat dan minatnya, peserta didik dapat memiliki bekal pengetahuan, keterampilan serta sikap dasar yang bermanfaat, menjadi warga negara yang baik. Selain itu, peserta didik dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,bersosial dan terampil untuk hidup di masyarakat dengan baik serta dapat mengembangkan diri sesuai asas pendidikan seumur hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akhlak Guru, Kitab Taisiirul Khallaq, Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:46
Last Modified: 20 Sep 2021 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5210

Actions (login required)

View Item View Item