Bimbingan Keagamaan untuk Membentuk Perilaku Keagamaan Anak-anak Jam’iyyah Al Ittihad di Desa Sunggingan

Hidayati, Seika Rahma (2021) Bimbingan Keagamaan untuk Membentuk Perilaku Keagamaan Anak-anak Jam’iyyah Al Ittihad di Desa Sunggingan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (740kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan terlihat bahwa setidaknya terdapat 10 anak yang memiliki perilaku kurang baik patut diduga disebabkan karena pengaruh lingkungan dan teman sebaya yang setelah pulang sekolah langsung main, tidak bersekolah di TPQ serta tidak diajarkan pendidikan agama oleh orang tua. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pola bimbingan keagamaan Jam’iyyah Al Ittihad. Pendekatan dan metode bimbingan keagamaan Jam’iyyah Al Ittihad. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi pembimbing dan anak-anak jam’iyyah al-Ittihad di Desa Sunggingan Kudus. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pola bimbingan keagamaan Jam’iyyah Al Ittihad dilaksanakan dengan beberapa tahap yang meliputi langkah identifikasi masalah dengan cara mengobservasi anak secara langsung ke tempat pergaulannya. Menetapkan masalah yang dihadapi anak berdasarkan latar belakangnya yaitu karena kurangnya kepengawasan dari orang tua dan pola pengasuhan orang tua yang otoriter. Menentukan bantuan apa sesuai permasalahan anak yaitu dengan mengadakan kegiatan keagamaan berupa pengajian serta melakukan pendekatan secara individual kepada masing-masing anak. Langkah evaluasi perubahan sikap anak dengan cara mengobservasi ulang perilaku anak secara berturut-turut. Kedua, pendekatan dan metode bimbingan keagamaan Jam’iyyah Al Ittihad, dilakukan dengan menggunakan pendekatan tradisional yaitu dengan memfokuskan perhatian pada anak-anak yang kurang perilaku beragamanya dan dibimbing secara intensif dan mendalam. Pelaksanaan pendekatan developmental yaitu dengan melakukan bimbingan secara menyeluruh pada semua anak, yaitu dengan mengajar membaca Al Qur’an dan rangkaian kegiatan Jam’iyyah. Sedangkan metode yang digunakan yaitu dengan metode individual secara individu pengurus memberikan arahan dan bimbingan kepada anggota jam’iyyah serta secara metode kelompok, yaitu dengan mengadakan diskusi kelompok misalnya dengan latihan rebana bersama-sama, sembari memberikan pemahaman mengenai makna shalawat yang diiringi dengan rebana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Perilaku Keagamaan, Anak-anak.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:15
Last Modified: 23 Sep 2021 04:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5283

Actions (login required)

View Item View Item