Rohman, Minan Nur (2019) Pola Komunikasi Antara Kyai dan Santri dalam Membentuk Kepribdian Santri di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Pasinggahan Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (813kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (315kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (690kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (364kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan serta pola komunikasi antara kyai dan santri dalam membentuk kepribadian santri dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan komunikasi antara Kyai dan Santri dalam membentuk kepribadian santri di pondok pesantren Al-Ma’ruf Dukuh Pasinggahan Desa Sugihrejo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis data, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Komuniksi antara Kyai dan Santri di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Pasinggahan Gabus Pati dengan menggunakan metode tatap muka, komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok. Sedangkan kepribadian yang terbentuk dalam pola komunikasi antara Kyai dan Santri antara lain kesopanan dan kemandirian santri. Faktor penghambat dan pendukung pola komunikasi antara Kyai dan Santri di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Pasinggahan Gabus Pati dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor penghambat internal seperti santri yang malas, kurang memperhatikan saat pengkajian kitab kuning, waktu mengaji di pagi hari. Sedangkan penghambat eksternal seperti pengaruh dari luar pondok. Faktor pendukung internal seperti adanya asrama untuk santri dengan berbagai fasilitas didalamnya, letak asrama santri yang dalam satu lingkungan membuat pengasuh pondok, dan ustadznya mudah untuk mengawasi para santri, memudahkan pembimbing dalam melaksanaan bimbingan keagamaan guna membentuk kepribadian pada santri, pengajar di pondok pesantren yang cukup memadai secara kualitas tidak diragukan lagi karena dari lulusan pondok . Sedangkan bentuk faktor pendukung eksternal adalah dukungan dari masyarakat sekitar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi, Kyai, Santri, Kepribadian, Pondok Pesantren |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 03:20 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 03:20 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5326 |
Actions (login required)
View Item |