Ilhamia, Maurina Fajry (2021) Implementasi Muatan Lokal Ta’lim Muta’allim Dalam Membentuk Sopan Santun Peserta Didik Kelas VII MTs Bandar Alim Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (684kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (542kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (588kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (984kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (595kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (439kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
Abstract
Karakter sopan santun merupakan salah satu nilai moral dasar yang harus dimiliki oleh seseorang. Dalam hal tersebut sekolah diharuskan untuk mendidik anak-anak atau remaja menjalankan karakter sopan santun dan husnul adab. Seperti halnya yang dilakukan MTs Bandar Alim Wedung Demak menambahkan muatan lokal Ta’lim Muta’allim dan mempelajari Ta’lim Muta’allim, serta mengimplementasikannya sebagai dasar pendidikan supaya anak memiliki sikap sopan santun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Ta’lim Muta’allim, mengetahui sopan santun peserta didik dan mengetahui implementasi Ta’lim Muta’allim dalam membentuk sopan santun peserta didik. Adapun jenis penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil penelitian di MTs Bandar Alim Wedung Demak yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII, sedangkan yang menjadi informannya adalah guru Ta’lim Muta’allim, kepala madrasah, dan peserta didik, dengan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarik kesimpulan. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran muatan lokal Ta’lim Muta’allim di MTs Bandar Alim Wedung Demak berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang dibuat dan sesuai dengan tujuan menambahkan muatan lokal Ta’lim Muta’allim dalam membentuk adab sopan santun peserta didik, dalam pembelajaran guru menggunakan RPP, kurikulum KTSP, media pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim, metode bandongan dan metode ceramah, dan memberikan evaluasi, 2) Sopan santun peserta didik di MTs Bandar Alim Wedung Demak kepada guru dan karyawan sudah baik, sopan santun berbicara kepada sesama teman perlu dilakukan karena berbicara sopan dengan teman dapat menjalin komunikasi dengan baik dan menciptakan suasana yang saling menghargai, sopan santun berpakaian sudah baik dan sesuai dengan aturan, dan sopan santun dalam berperilaku kepada guru juga karyawan sudah baik, 3) Implementasi Ta’lim Muta’allim dalam membentuk sopan santun peserta didik di MTs Bandar Alim Wedung Demak sudah berjalan dengan baik dalam memberikan teladan, nasehat, motivasi, dan pembiasaan. Peserta didik mampu melakukan pembiasaan yang terdapat di kitab Ta’lim Muta’allim seperti menghormati guru, karyawan dan orang yang lebih tua. Terdapat faktor pendukung dalam implementasi sopan santun yaitu dari guru dan lingkungan pesantren. Faktor penghambatnya dari teman yang kurang bersikap sopan dan dapat memberikan pengaruh kepada peserta didik lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Ta’lim Muta’allim, Sopan Santun |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:24 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 03:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5391 |
Actions (login required)
View Item |