Model Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fiqih Kelas Ix Mts Nu Miftahul Falah Cendono

Sa’adah, Khotimatus (2021) Model Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fiqih Kelas Ix Mts Nu Miftahul Falah Cendono. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover - kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf

Download (364kB)

Abstract

Pembelajaran fiqih pada saat sekarang ini dilakukan secara daring karena adanya Covid-19. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan model evaluasi pembelajaran daring, serta untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana dampak dalam pelaksanaan model evaluasi pembelajaran daring mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research. Subyek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran fiqih kelas IX dan enam peserta didik kelas IX G. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Adapun analisis data menggunakan teori dari Miles and Huberman yaitu dengan menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring dengan evaluasi akhir pertemuan, ulangan harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir tahun, dengan menggunakan beberapa aplikasi dan instrumen evaluasi. 2) faktor pendukung yaitu antusias peserta didik dalam mengikuti pelaksanaan evaluasi, adanya sarana prasarana, bantuan kuota internet dari madrasah, jaringan internet yang kuat, macam-macam bentuk instrumen evaluasi, dan tidak terbatas oleh jarak dan waktu. Sedangkan faktor penghambatnya terdapat beberapa peserta didik yang tidak memiliki Handphone, jaringan internet susah, keterbatasan kuota internet, 3) Dampak positifnya peserta didik tidak merasa jenuh ketika mengikuti evaluasi karena evaluasi yang diberikan bervariasi. Adapun dampak negatifnya yaitu guru harus lebih kreatif dalam mempersiapkan evaluasi mengenai instrumen evaluasi, waktu dan media yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:07
Last Modified: 19 Oct 2021 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item View Item