Pratama, Wahyu Adi (2021) Model Pembentukan Karakter Insa>n Ka>mil dengan Pendekatan Inculcation Approach di MIN I Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (401kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (233kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (636kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (916kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (579kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (604kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (292kB) |
|
Text
9. BAB VI.pdf Download (340kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran dalam pembentukan karakter insa>n ka>mil dengan pendekatan inculcation approach di MIN I Jepara; 2). Bagaimana problematika yang dihadapi guru dan lembaga pendidikan dalam penerapan model pembentukan karakter insa>n ka>mil di MIN I Jepara; 3). Bagaimana lembaga pendidikan mengukur tingkat keberhasilan pendidikan karakter di MIN I Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dan termasuk penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif, maka hasil penelitian akan bersifat analisis-deskriptif, yaitu berupa kata-kata yang tertuang dalam bentuk tulisan, baik yang diperoleh dari lisan maupun dari individu atau kelompok yang sedang diamati perilakunya. Teknik pengumpulan data dan pencarian informasi dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Kemudian dilakukan reduksi data, penyajikan data, dan penarikan kesimpulan sebagai tahap akhir sebagai hasil dari teknik analisis data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). pendidikan karakter di MIN I Jepara dilakukan secara terintegrasi. Program terpadu ini sudah diinternalisasikan melalui kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler serta kegiatan pembiasaan di madrasah; 2). problematika yang sering muncul dalam pemenuhan pendidikan karakter di madrasah antara lain, pelaksanaan kurikulum terintegrasi perlu proses yang berkesinambungan serta evaluasi dilakukan secara kontinu, desain pendidikan karater perlu dikembangkan di dalam kelas dengan memerhatikan kebutuhan para peserta didik karena tingkat pemahaman dan kebetuhan mereka yang beraneka ragam, adakalanya peserta didik mempunyai masalah pribadi yang dapat berimbas pada semangat belajarnya, dan pemadatan waktu dalam kegiatan belajar mengajar; 3) pendidikan karakter yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jepara telah mampu mengembangkan hard skill dan soft skill pada peserta didik. Dalam hal ini, hard skill sendiri mengarah pada pengetahuan dan kemampuan teknis yang dimiliki dari setiap individu, dan soft skill adalah lebih kepada kepunyaan kemampuan untuk mengelola diri dan orang lain. Dari hasil tersebut maka terlihat bahwa pembiasaan-pembiasaan positif yang selalu ditanamkan di sekolah memberikan dampak baik terhadap perilaku akhlakul karimah peserta didik. Adapun sifat-sifat baik yang sudah sering muncul pada diri anak adalah mereka menjadi lebih rajin dalam beribadah, bersikap sopan dan hormat ketika bertemu guru dan orang yang lebih tua.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Karakter, Insa>n Ka>mil dan Penanaman Nilai |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 07:25 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5680 |
Actions (login required)
View Item |