Pembelajaran Shalat Pada Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Melalui Pendekatan Multisensori Di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus

Nikmah, Kholifatun (2021) Pembelajaran Shalat Pada Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Melalui Pendekatan Multisensori Di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra Pendowo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran shalat pada penyandang disabilitas sensorik netra melalui pendekatan multisensori di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas sensorik Netra Pendowo Kudus, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran shalat pada penyandang disabilitas sensorik netra melalui pendekatan multisensori di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas sensorik Netra Pendowo Kudus, (3) Untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran shalat pada penyandang disabilitas sensorik netra melalui pendekatan multisensori di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas sensorik Netra Pendowo Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sebuah pendekatan dengan cara mendapatkan data yang mendalam. Adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data penelitian, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Adapun analisis data dilakukan dengan diskriptif analisis yaitu dengan cara mendiskripsikan dan menganalisis semua data lapangan serta membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui 1) pelaksanaan pembelajaran shalat pada penyandang disabilitas sensorik netra melalui pendekatan multisensori di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas sensorik Netra Pendowo Kudus berjalan dengan baik, karena pihak panti maupun guru selalu diupayakan kualitas yang baik dalam pembelajaran melalui pendekatan multisensori, 2) Adapun faktor pendukung dari pembelajaran shalat pada penyandang disabilitas sensorik netra melalui pendekatan multisensori di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas sensorik Netra Pendowo Kudus meliputi kreatifitas guru, dapat membangkitkan semangat belajar, guru langsung dapat membenahi kesalahan saat pembelajaran. sedangkan faktor penghambatnya yaitu sulitnya komunikasi untuk memahamkan dengan cepat, kemauan dalam diri penyandang disabilitas sensorik netra, kurangnya dukungan orang tua, saat praktik gerakan dan sentuhan guru tidak dapat membenahi penyandang disabiltas sensroik netra yang perempuan, 3) hasil pembelajaran shalat pada penyandang disabilitas sensorik netra melalui pendekatan multisensori di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas sensorik Netra Pendowo Kudus yaitu: dapat melaksanakan kewajiban shalat tanpa diperintah, dapat melaksanakan shalat dengan benar, berani menjadi imam ketika shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran shalat, Penyandang Disabilitas Sensorik Netra, dan Multisensori.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:06
Last Modified: 08 Nov 2021 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5724

Actions (login required)

View Item View Item