Rohman, Muhammad Faidlur (2021) Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Wasathiyyah di SMAN 1 Bangsri Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (390kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (660kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (287kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (523kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (247kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyyah. Islam wasathiyyah atau moderat sejatinya merupakan merupakan ajaran ulama nusantara yang selama ini dianut dan diamalkan oleh umat Islam di nusantara. Penelitian ini fokus pada upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Islam Wasathiyyah di SMAN 1 Bangsri Kabupaten Jepara, keberagamaan siswa, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa di SMAN 1 Bangsri Jepara. Data-data dikumpulkan dengan metode: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Wasathiyyah di SMAN 1 Bangsri Kabupaten Jepara dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran dan kegiatan di luar pembelajaran. 2) Sikap beragama siswa di SMAN 1 Bangsri Kabupaten Jepara ditunjukkan dengan bebarapa sikap, antara lain: siswa terbiasa menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agama masing-masing, siswa menunjukkan sikap toleransi terhadap siswa yang lain, siswa menunjukkan sikap kepedulian terhadap sesama, dan siswa menunjukkan sikap keakraban dengan teman yang lain. 3) Faktor pendukung upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyyah di SMAN 1 Bangsri Jepara, antara lain: a) Dukungan sekolah terhadap moderasi beragama menjadi faktor pendukung utama, karena apabila pihak sekolah tidak mendukung mungkin untuk menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyyah sulit dilakukan, b) Sarana dan prasarana yang memadai, dan c) Keluarga, selain faktor dalam dari sekolahan faktor luar dari keluarga juga mempengaruhi dalam menumbuhkan nilai-nilai Islam moderat atau wasathiyah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih ada keluarga yang melarang anaknya untuk mempraktikan Islam wasathiyyah di lingkungan masyarakat yang non muslim dan penyebaran paham radikal di internet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, Islam Wasthiyyah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 02:12 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5738 |
Actions (login required)
View Item |