Aktivitas Pembelajaran Taḥfiẓul Qur’an di Madrasah Aliyah Era Pandemi COVID-19: (Studi Living Qur’an di Madrasah Aliyah Kabupaten Pati)

Muharomah, Laili (2021) Aktivitas Pembelajaran Taḥfiẓul Qur’an di Madrasah Aliyah Era Pandemi COVID-19: (Studi Living Qur’an di Madrasah Aliyah Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (694kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (826kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui proses taḥfiẓul Qur’an di MAN 1 Pati dan MA Salafiyah Kajen di era pandemi COVID-19. (2) Untuk mengetahui motivasi siswa MAN 1 Pati dan MA Salafiyah Kajen untuk mengikuti taḥfiẓul Qur’an. (3) Untuk mengetahui pemaknaan taḥfiẓul Qur’an oleh penghafal Al-Qur’an di MAN 1 Pati dan MA Salafiyah Kajen. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu data-data penelitian disajikan sesuai dengan sudut pandang subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa dan guru MAN 1 Pati dan MA Salafiyah Kajen. Sedangkan proses taḥfiẓul Qur’an daring selama pandemi COVID-19 oleh MAN 1 Pati dan MA Salafiyah Kajen ini menggunakan teori living Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses taḥfiẓul Qur’an di MAN 1 Pati dan MA Salafiyah Kajen di era pandemi COVID-19 dilakukan secara daring. Siswa yang mengikuti program taḥfiẓul Qur’an dan guru pengampu dikumpulkan menjadi satu dalam grup Whatsapp lalu siswa secara bergiliran melakukan setoran dengan guru. (2) Motivasi siswa MAN 1 Pati dan MA Salafiyah Kajen untuk mengikuti taḥfiẓul Qur’an yaitu karena berada di lingkungan yang mencintai Al-Qur’an, mimpi sebagai penghafal Al-Qur’an, ingin turut serta melindungi dan menjaga Al-Qur’an dari kepunahan, dan karena keutamaan menjadi penghafal Al-Qur’an. (3) Pemaknaan taḥfiẓul Qur’an oleh penghafal Al-Qur’an di MAN 1 Pati dan MA Salafiyah Kajen yaitu sebagai wujud kepatuhan kepada Allah, taḥfiẓul Qur’an sebagai pendidikan karakter karena dengan menghafal Al-Qur’an seseorang akan menjadi istiqamah, rajin, dan mandiri, serta taḥfiẓul Qur’an dapat dimaknai sebagai wujud penjagaan terhadap kemuliaan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Taḥfiẓul Qur’an, COVID-19, dan living Qur’an.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:56
Last Modified: 11 Nov 2021 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item