Etika Peserta Didik Dan Pendidik Dalam kitab Maroqil Ubudiyyah Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani dan Relevansinya Pada Pendidikan Islam Di Indonesia

Hidayatulloh, Aris (2021) Etika Peserta Didik Dan Pendidik Dalam kitab Maroqil Ubudiyyah Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani dan Relevansinya Pada Pendidikan Islam Di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (499kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (616kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk mendeskripsikan konsepetika pendidik dan peserta didik dalam kitab Maraqil Ubudiyyah karya Syaikh Nawawi Al-Bantani; 2) menemukan relevansi konsep etika pendidik dan peserta didik dalam kitab Maraqil Ubudiyyah karya Syaikh Nawawi Al-Bantani pada pendidikan Islam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dari sumber primer, yaitu kitab Maroqil Ubudiyyah karya Syaikh Nawawi Al-Bantani, sedangkan sumber sekunder dari buku-buku pendukung yang digunakan sebagai data tambahan, baik berupa kitab-kitab klasik seperti kitab Taisirul Kholaq, Ta’limul Muta’allim, Adabul Alim wal Muta’alim maupun buku-buku lain yang relevan. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Content Analysis dan metode Deskriptif Interpretatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) etika peserta didik meliputi tiga bagian yakni etika terhadap diri sendiri, etika peserta didik terhadap pendidik dan ilmu, dan etika peserta didik dimajlis ilmu. Sedangkan etika pendidik meliputi empat bagian yakni, etika pendidik terhadap dirinya sendiri, etika pendidik terhadap ilmu, etika pendidik terhadap peserta didik, dan etika pendidik ketika mengajar. 2) relevansi-relevansi konsep etika pendidik dan peserta didik dalam kitab Maraqil Ubudiyyah karya Syaikh Nawawi Al-Bantani pada pendidikan Islam di Indonesia yaitu sebagai rujukan pendidikan saat ini untuk menyiapkan peserta didik yang cerdas, kreatif, inovatif, profesional, dan berakhlak karimah serta berpegang teguh pada agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Pendidik dan Peserta Didik, Syaikh Nawawi Al-Bantani, Kitab Maraqil Ubudiyyah
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:49
Last Modified: 12 Nov 2021 01:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5800

Actions (login required)

View Item View Item