Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Kitab Washaya Al Abaa’ Lil Abna Karya Syekh Muhammad Syakir

Muniroh, Zainatul (2021) Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Kitab Washaya Al Abaa’ Lil Abna Karya Syekh Muhammad Syakir. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (699kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA-pages-1-2.pdf

Download (455kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakanpendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan lainnya. Melalui pendidikan karakter diharapkan anak didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya,mengkaji, dan menginternalisasikan serta mempersonalisasi nilai nilai karakter yang terwujud dalam perilaku sehari hari. Diantara kitab akhlak yang sangat familiar adalah kiatab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir yang berisi 20 nasihat-nasihat guru terhadap murid dengan pembagian 20 bab. Dengan rumusan masalah bagaimana konsep pendidikan karakter anak usia dini dalam kitab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir dan relevansi pendidikan karakter anak usia dini dalam kitab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir . Tujuan dari penelitian ini untuk membina karakter peserta didik melalui kajian kitab Washoya Al-Abaa’ lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir. Fokus penelitian ini lebih kepada konsep pendidikan karakter yang digunakan oleh Syaikh Muhammad Syakir dalam kitab ini. Di harapkan dengan konsep itu pendidikan karakter dapat ditanamkan dalam diri peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data berasal dari kitab, buku, jurnal, dan karya ilmiah lain yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis hasil penelitian menggunakan teknik analisis metode deskriptif kualitatif untuk mempertajam daya. Peneliti menggunakan analisis content untuk menekankan pada analisis ilmiah tentang isi pesan atau komunikasi. Hasil dari penelitian ini pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Washoya Al-ABaa’ lil Abnaa’ Karya Syekh Muhammad Syakir menunjukan pembagian beberapa konsep karakter: (1). Takwa Kepada Allah SWT dan Hak Kewajiban Kepada Allah (2) Hak Kewajiban Kepada Rasulullah (3) Hak Kewajiban Terhadap Orang Tua Dan Guru (4) Hak Kewajiban Terhadap Teman, Orang Lain, Dan Lingkungan (5) Adab Terhadap Ilmu (6) Perilaku Terhadap Diri Sendiri (7)Akhlak Tercela

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Kitab Washaya Al Abaa’ Lil Abnaa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:22
Last Modified: 15 Nov 2021 01:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item View Item