Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV di MI NU Islamiyyah Gamong Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Ana, Khoirunnisa (2021) Pengaruh Metode Field Trip Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV di MI NU Islamiyyah Gamong Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (578kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (691kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan umum untuk 1) Mengetahui metode field trip di MI NU ISLAMIYYAH Gamong Kaliwungu Kudus tahun ajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui hasil belajar tematik siswa kelas IV di MI NU ISLAMIYYAH Gamong Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan metode field trip terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV di MI NU ISLAMIYYAH Gamong Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung untuk mendapatkan data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MI NU Islamiyyah Gamong Kaliwungu Kudus, yakni kelas IV. Populasi dalam penelitian ini kelas IV sebanyak 30 siswa. Seluruh populasi dijadikan anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampel jenuh. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistic yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode field trip (karyawisata) dalam kategori baik, yaitu 82 pada rentang interval 71-85. 2) Hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV di MI NU Islamiyyah Gamong Kaliwungu Kudus dalam kategori tinggi, yaitu 80 pada rentang interval 78-88. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan metode field trip (karyawisata) terhadap hasil belajar kognitif siswa tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV di MI NU Islamiyyah Gamong Kaliwungu Kudus, dengan persamaan regresi Ỳ= 29,074 + 0,622 X. Adanya metode field trip (karyawisata) ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,684 yang termasuk dalam kategori kuat dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 46,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Field Trip (Karyawisata), Hasil Belajar, Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Nov 2021 01:17
Last Modified: 25 Nov 2021 01:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5983

Actions (login required)

View Item View Item