Riyani, Risma Ulfa (2021) Strategi Pembelajaran Fikih dalam Menghadapi Disrupsi Digital di MTsN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (284kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (422kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (859kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (385kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (779kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (357kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) |
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan rangkaian rencana maupun tindakan khusus yang menggunakan metode dan memanfaatkan beberapa sumber daya guna mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pendidikan formal, strategi pembelajaran perlu diperhatikan dan disesuaikan terhadap kebutuhan peserta didik agar tidak menimbulkan kejenuhan saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Maka dari itu, inovasi strategi pembelajaran perlu dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman di era disrupsi digital seperti sekarang. Berbagai platform digital dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran agar dapat mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki siswa terkait teknologi serta siswa memiliki rasa antusiasme belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Fikih dalam menghadapi disrupsi digital di MTsN 1 Kudus, implementasi strategi pembelajaran Fikih terhadap kemampuan IT (Information and Technology) siswa dalam menghadapi disrupsi digital di MTsN 1 Kudus, dan faktor pendukung, penghambat, maupun solusi terhadap penerapan strategi pembelajaran Fikih dalam menghadapi disrupsi digital di MTsN 1 Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan pendekatan kualitatif di MTsN 1 Kudus. Subjek penelitiannya yakni Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Sarana dan Prasarana, Guru pengampu mata pelajaran Fikih kelas IX-E serta empat peserta didik kelas IX-E. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan keabsahan konstruk dan keabsahan internal. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles and Huberman yakni dengan melalui tiga proses di antaranya reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran Fikih dalam menghadapi disrupsi digital saat dalam jaringan (daring) terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian. (2) Implementasi strategi pembelajaran Fikih terhadap kemampuan IT (Information and Technology) siswa dalam menghadapi era disrupsi digital dapat diterapkan dengan baik. (3) Faktor pendukung strategi pembelajaran Fikih dalam menghadapi era disrupsi digital yaitu dapat dilihat dari segi pengaruh lingkungan sekitar. Adapun faktor penghambatnya yakni pertama, kekuatan sinyal jaringan internet dan provider yang berbeda. Kedua, faktor penghambat ini adalah kondisi siswa yang berbeda-beda. Sedangkan solusi strategi pembelajaran Fikih dalam menghadapi era disrupsi digital yaitu dengan menambah bandwith dan penjelasan yang bijak kepada wali murid peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Fikih, Disrupsi Digital. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 02:09 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 02:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6139 |
Actions (login required)
View Item |