Ni’mah, Syafa’atun (2021) Penggunaan Media Pembelajaran Film Animasi Pasoa Dan Sang Pemberani Dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Kepedulian Terhadap Lingkungan Anak Usia Dini Di RA Miftahul Huda 1 Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (5MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (583kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (765kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata dan mendalam tentang nilai-nilai yang terkandung dalam film animasi Pasoa dan Sang Pemberani pada pembelajaran anak usia dini, penggunaan media film animasi Pasoa dan Sang Pemberani pada pembelajaran anak usia dini di RA Miftahul Huda, serta sikap kepedulian terhadap lingkungan anak sebelum dan sesudah penggunaan media film animasi Pasoa dan Sang Pemberani di RA Miftahul Huda 1 Dawe Kudus. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research),dengan menggunakan pendekatan kualitatatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah,guru, para siswa dan wali murid RA Miftahul Huda 1, sementara obyek penelitian ini adalah sikap kepedulian anak di RA Miftahul Huda 1 Dawe Kudus. Penelitian ini dilakukan di RA Miftahul Huda 1 dengan sample kelas A yang berjumlah 25 anak yang terdiri dari 12 anak laki laki dan 13 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan checklist. Analisis data dengan cara pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification) atas hasil penelitian yang dilakukan. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai yang terkandung dalam film animasi Pasoa dan Sang Pemberani yang dapat dijadikan pembelajaran bagi manusia pada umumnya dan khususnya sebagai bahan pembelajaran bagi anak usia dini yaitu: sikap kepedulian terhadap flora dan fauna, menghormati flora dan fauna, tidak merusak tanaman serta menyembuhkan alam dari kerusakan. Keempat nilai tersebut sesuai dengan KD dan KI pada kurikulum 2013. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa Penggunaan media pembelajaran Film animasi Pasoa dan Sang Pemberani di RA Miftahul Huda 1 dilakukan melalui tiga tahapan yaitu Cognotive, Feeling, dan Action Penggunaan film animasi Pasoa dan Sang Pemberani pada anak usia dini merupakan alternatif yang tepat karena media film animasi dapat menampilkan obyek terlihat nyata dan menarik sehingga dapat menambah motivasi belajar anak. Dalam penelitian ini juga membuktikan bahwa terdapat peningkatan perkembangan anak dalam sikap kepedulian terhadap lingkungan di RA Miftahuil Huda Dawe Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Film Animasi, Sikap Kepedulian Terhadap Lingkungan, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:25 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6153 |
Actions (login required)
View Item |