Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pendekan Behavioral di SMP Negeri 5 Demak

Nafiah, Nafiah (2021) Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pendekan Behavioral di SMP Negeri 5 Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (601kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (944kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (702kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (564kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (574kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Motivasi Belajar Siswa kelas VII di SMP N 5 Demak, 2) Untuk mengetahui upaya guru Bimbingan dan Konseling meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Behavioral kelas VII di SMP N 5 Demak, 3) Untuk mengetahui kendala guru Bimbingan dan Konseling dalam Pendekatan Brhavioral untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VII di SMP N 5 Demak. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan dengan metode pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMP N 5 Demak, Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, Kepala Sekolah, dan siswa di SMP N 5 Demak, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data yang diperoleh peneliti yaitu sebagai berikut: Pertama, dari hasil penelitian mengenai deskripsi Motivasi Belajar Siswa kelas VII di SMP N 5 Demak masih kurang, karena dominan siswa dari kalangan ekonomi menengah kebawah sebagaimana orang tua harus dan terus bekerja, sehingga sangat kurang memperhatikan anaknya dalam belajar, namun tidak semua siswa memiliki prestasi belajar kurang banyak juga siswa yang berprestasi. Kedua, menunjukkan upaya guru Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VII dengan Pendekatan Behavioral di SMP N 5 Demak melalui beberapa tahapan diantaranya adalah: analisis kebutuhan siswa (asessment) , proses pelaksanaan bimbingan dan konseling, tindak lanjut, dan pengawasan. Ketiga, mengenai kendala yang dialami oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam Pendekatan Behavioral untuk Meningkatkan Motivasi Belajar kelas VII di SMP N 5 Demak, yaitu: peserta didik tidak jujur memberikan informasi yang apa adanya, Peserta didik enggan menceritakan perihal masalah yang sedang dialami kepada guru BK. Sedangkan upaya untuk mengatasi kendala untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VII di SMP N 5 Demak, yaitu: guru BK melakukan Home Visit, Memanggil orang tua untuk datang ke sekolah,dan melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru BK, Pendekatan Behavioral, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Dec 2021 02:48
Last Modified: 21 Dec 2021 02:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item View Item