Rohmah, Ulfa Afidatur (2021) Strategi Komunikasi Dakwah Dosen IAIN Kudus dalam Kegiatan Khotbah Jumat. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (391kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (529kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (746kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (384kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (619kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (380kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
Abstract
Khotbah Jumat merupakan wacana dakwah Islamiyah yang dinikmati umat Islam dalam melakukan kegiatan sholat Jumat. Para Da’i/maupun khotib yang menyampaikan dakwah pada hari Jumat memerlukan keterampilan khusus, pandai beretorika dan trampil dalam berkomunikasi, agar isi khotbahnya dapat sampai dan berpengaruh pada para Jamaah Jumat khususnya. Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah untuk mengetahui, terutama terkait dengan hal-hal: (1) Strategi komunikasi dakwah dosen IAIN Kudus dalam kegiatan Khotbah Jumat. (2) Faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dakwah dosen IAIN Kudus dalam kegiatan Khotbah Jumat. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalahn dosen IAIN Kudus yang menjadi khotib khotbah Jumat dan jamaah yang sholat Jumat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi komunikasi dakwah dalam kegiatan Khotbah Jumat terdiri dari strategi sentimental (al-manhaj al-‘athifi), strategi rasional (al-manhaj al-‘aqlī) dan strategi indrawi (al-manhaj al-hissy). a. Strategi sentimental (al-manhaj al-‘athifi) terdiri dari strategi tazkiyah yaitu penyucian jiwa sebagai strategi pokok pembinaan mental jama’ah. Strategi penyampaian pesan aqidah yang meliputi keimanan kepada Allah, malaikat, nabi dan rasul, kitab-kitab, hari kiamat dan taqdir baik dan buruk yang terkumpul dalam rukun iman yang enam. b. Strategi rasional (al-manhaj al-‘aqlī) terdiri dari strategi ta’lim bertujuan untuk memberikan pembinaan dengan mengajarkan Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan lainnya. Pesan syari’ah dititik beratkan pada pemahaman Fiqh dasar yang meliputi fiqih thaharah, ibadah, dan muamalah. c. Strategi indrawi (al-manhaj al-hissy) terdiri dari strategi tilawah yaitu dengan membacakan ayat-ayat Allah bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan. Pesan akhlak berisi tentang bagaimana seseorang berinteraksi antar sesama, dengan lingkungan, dengan Tuhan sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad. 2) Faktor pendukung strategi komunikasi dakwah dosen IAIN Kudus dalam kegiatan Khotbah Jumat yaitu a) koordinasi yang baik antara pengatur jadwal Khotbah dengan Khotib. Pengatur jadwal selalu mengingatkan dosen yang memiliki tugas sebagai khotib khutbah Jumat setiap jumatnya. b) Materi khotbah yang telah disusun dengan baik mengingat materi adalah instrumen terpenting dalam khotbah Jumat. c) Manajemen pendidikan Khotib yang memiliki latar belakang pendidikan ilmu komunikasi dan memiliki kemampuan public speaking yang baik pula akan mendukung pelaksanaan khotbah Jumat. d) Pemilihan diksi kata yang terdiri dari materi yang disampaikan, intonasi, rendah tinggi, pengulangan kata. Faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana yang kurang mendukung misalnya penggunaan mic yang belum maksimal volumenya, serta kurangnya minat jama’ah untuk mengikuti khotbah Jumat di masjid IAIN Kudus dan lebih cenderung melaksanakan sholat Jumat di masjid IAIN Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Dakwah, Khotbah Jumat, Khotib, Dosen |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 01:56 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 01:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6275 |
Actions (login required)
View Item |