Studi Komparasi Pembelajaran Daring menggunakan Quipper dengan PJJ terhadap Pemahaman Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA 2 Bae Kudus

Afdilla, Ana Noor (2021) Studi Komparasi Pembelajaran Daring menggunakan Quipper dengan PJJ terhadap Pemahaman Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA 2 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitan ini memiliki beberapa tujuan diantaranya yaitu: (1) untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Daring menggunakan Quipper terhadap Pemahaman Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA 2 Bae Kudus; (2) untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Daring menggunakan PJJ terhadap Pemahaman Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA 2 Bae Kudus; (3) untuk mengetahui perbedaan Pembelajaran Daring menggunakan Quipper dengan PJJ terhadap Pemahaman Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA 2 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk membandingkan atau mengkomparasikan suatu variabel yang berbeda tanpa memberikan suatu treatment atau perlakuan terhadap variabel yang telah ada. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, karena data penelitian ini berupa angka-angka (numeric) dan analisis yang digunakan berupa analisis statistik. Penelitian ini dilakukan di SMA 2 Bae Kudus pada semester genap dengan mata pelajaran Biologi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1- XI IPA 5, dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 yang diperoleh dari teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu teknik tes, teknik kuesioner, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis pendahuluan, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Pembelajaran Daring menggunakan Quipper termasuk dalam kriteria Baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, maka keputusan uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu H0 diterima, yang artinya tidak terdapat perbedaan antara Pembelajaran Daring menggunakan Quipper dan PJJ terhadap Pemahaman Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA 2 Bae Kudus. Faktor yang mempengaruhi tidak terdapat perbedaan antara Pembelajaran Daring menggunakan Quipper dan PJJ terhadap Pemahaman Materi Sistem Reproduksi Manusia sama-sama baik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran, terdapat latihan soal atau quiz yang memadai, dan kedua media pembelajaran tersebut sama-sama mudah diakses dan digunakan dalam proses pembelajaran daring. Berdasarkan hasil hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan antara Pembelajaran Daring menggunakan Quipper dan PJJ. Meskipun demikian, pada hasil respon belajar siswa dalam penggunaan media pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan Quipper lebih diminati, disukai, dan mendapat respon baik dari para siswa, sedangkan penggunaan media pembelajaran PJJ ternyata kurang diminati, kurang disukai, dan mendapat respon tidak baik dari para siswa. Hasil respon belajar tersebut dapat dilihat dari hasil angket respon siswa yang menggunakan media pembelajaran Quipper dan PJJ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Quipper, PJJ, Pemahaman
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:56
Last Modified: 30 Dec 2021 03:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6294

Actions (login required)

View Item View Item