Fitrianingsih, Dwi (2021) Penerapan Metode Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di RA Al Falah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSRTAK.pdf Download (192kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (422kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (276kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (518kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (289kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Mengetahui penerapan metode pembiasaan dalam pembentuka karakter anak usia dini di RA Al Falah Dawe Kudus.Untuk mengidentifikasi faktor penghambat dan solusi dalam penerapan metode pembiasaan pembentukan karakter anak usia dini di RA Al Falah Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif , dengan mengambil lokasi penelitian di RA Al Falah Dawe Kudus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, dokumntasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui penelaahan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi terhadap data yang sudah dikumpulkan dan pengujian keabsahan data dilakukan melalui tekhnik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Pelaksanaan penerapan metote pembiasaan dalam pembentukan karakter anak usia dini adalah dimulai dari proses penjemputan didepan pintu gerbang sekolah, dilanjutkan pada kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup hingga anak dijemput oleh orang tua. a. Guru menggunakan model pembelejaran kelompok pengaman dimana guru membuat tiga kegiatan yang berbeda dan satu kelompok pengaman. b.Guru membentuk karakter anak religius untuk menghafal surat pendek, hadits pilihan dan doa harian dengan pembiasaan rutin yang dilaksanakan di kegitan pembuka pada proses pembelajran. c.Dalam pembiasaan guru juga harus memberikan teladan atau contoh kepada peserta didik. Contoh pada saat makan atau minum guru tidak hanya memberi tahu anak jika makan atau minum harus duduk tapi guru juga harus memberikan contoh hal tersebut. d.Guru mengapresiasi setiap perkembangan anak dengan memberikan pujian kepada anak.. e.Guru tetap menegur dan memberikan pengertian dengan memberitahu anak jika anak melakukan 2.Faktor penghambat anak dalam penerapan metode pembiasaan dalam pembentuka karakter religius adalah keadaan anak atau suasana hati anak yang kurang baik, kurangnya jam pembelajran, guru bisa memberikan motivasi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk anak, kurangnya jam pemebelajaran dapat diatasi dengan memfokuskan atau memaksimalkan waktu yang ada untuk merapkan metode pembiasaan dengan menyusun rencana kegiatan secara matang, kurangnya media pembelajaran dapat diatasi dengan sekolah menambah media sesuai dengan jumlah anak atau guru mensiasatinya dengan guru membuat media pembelajaran dengan barang-barang yang mudah diapat atau tidak usah membeli, untuk kurangnya pendampingan dari orang tua dapat diatasi dengan memberikan buku penghubung dan mengadakan pertemuan wali murid secara rutin. Kata Kunci : Metode Pembiasaan,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Pembentukan Karakter Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 01:55 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 01:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6307 |
Actions (login required)
View Item |