Penerapan Sistem Hubungan Kekerabatan Dalam Profesionalisme Pendidik di MTs Nu Al-Hidayah Desa Getassrabi Gebog Kudus

Nida, Khoirin (2021) Penerapan Sistem Hubungan Kekerabatan Dalam Profesionalisme Pendidik di MTs Nu Al-Hidayah Desa Getassrabi Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (486kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (843kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi sistem hubungan kekerabatan, mendeskripsikan kondisi profesionalisme pendidik, serta mengidentifikasi dampak penerapan sistem hubungan kekerabatan terhadap profesionalisme pendidik di MTs Nu Al-Hidayah Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui data primer berupa data hasil wawancara, serta data sekunder dari dokumen MTs Nu Al-Hidayah dan sumber lainnya. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti melakukan pengamatan atau observasi dan wawancara serta dokumentasi. Dalam pengujian data, peneliti melakukan uji keabsahan data dengan cara memeriksa dan mencocokkan data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda, hal ini dilakukan untuk memastikan data yang sudah ada agar tidak terjadi kesalahan dan menghasilkan data yang sesuai. Sedangkan dalam menganalisa data, peneliti melakukan tahapan yaitu reduksi data, menyajikan data serta verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi sistem hubungan kekerabatan sudah ada sejak berdiri yaitu 23 Juni 1983, sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pendiri yang telah bergotong-royong untuk memajukan madrasah Al-Hidayah, juga sebagai bentuk menjaga tali silaturrahim antar sesama pendidik. 2) Kondisi saat ini dalam meningkatkan profesionalisme pendidik di MTs Nu Al-Hidayah salah satunya adalah dengan menerapkan peraturan tentang kedisiplinan bagi pendidik maupun seluruh warga madrasah sebagai upaya perbaikan serta peningkatan kualitas dalam hal penyelenggaraan pendidikan. Adanya peraturan tersebut dapat menunjang terciptanya pendidik profesional yang memahami bagaimana pentingnya menjaga komitmen kedisiplinan maupun kewajiban dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. 3) Dampak positif penerapan sistem hubungan kekerabatan terhadap pendidik adalah solidaritas dan keharmonisan antar sesama pendidik di MTs Nu Al-Hidayah semakin kuat, namun dampak negatif adanya penerapan sistem hubungan kekerabatan terhadap pendidik adalah komunikasi dapat terhambat karena timbul rasa sungkan untuk memberi masukan ketika salah antar pendidik yang tidak memiliki hubungan kerabat dengan yang memiliki hubungan kerabat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Hubungan Kekerabatan, Profesionalisme Pendidik, Lembaga Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:22
Last Modified: 05 Jan 2022 03:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6321

Actions (login required)

View Item View Item