Windarti, Indah Fitri Ayu (2021) Penerapan kebijakan berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Arab dalam proses hafalan Al Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Qur’an. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (335kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (217kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (294kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (189kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (260kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (166kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi penggunaan bahasa Arab sebagai sarana berkomunikasi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Qur’an. 2) Untuk mengetahui alasan dari adanya penerapan kebijakan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Qur’an. 3)Untuk mengetahui bagaimana efek dari kebijakan penggunaan bahasa Arab sebagai sarana komunikasi terhadap proses hafalan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naturalistic, dengan pendekatan deskriptif melalui riset lapangan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Qur’an. Subjek penelitian ini yaitu Mudir atau pengurus Pondok Pesantren, Asatidz yang mengampu di Pondok Pesantren dan beberapa Santri yang berada di Pondok tersebut . Instrumen atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data, data reduction, data display, conclusion drawing/verification, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan kebijakan berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Qur’an berjalan dengan lancar dan sangat efektif.. (2) Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab menjadi suatu kebijakan yang diterapkan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Qur’an karena bahasa yang tertulis dalam Al-Qur’an adalah bahasa Arab. Sehingga itu menjadi hal mendasar yang harus dimiliki para santri. Jika santri memahami Bahasa Arab, maka akan membantu santri dalam menghafalkan dan memahami isi kandungan Al-Qur’an. (3) Adanya penerapan kebijakan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Qur’an membantu siswa dalam menambah kosakata Bahasa Arab dan sangat berpengaruh bagi santri dalam meningkatkan motivasi hafalan Al-Qur’annya. Hal ini menjadikan santri lebih mudah dan cepat dalam menghafalkan Al-Qur’an. Sehingga santri bisa lulus menjadi Hafidz dan Hafidzoh lebih cepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kebijakan Berkomunikasi, Bahasa Arab, Hafalan Al Qur’an. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 01:38 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 01:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6375 |
Actions (login required)
View Item |