Rohmaniyah, Alfiatur (2021) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Campuran (Blended) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Kelas VIII Di MTs YPI Klambu. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER.pdf Download (943kB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (421kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (913kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (492kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (634kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (225kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
Abstract
Pendidikan memiliki tujuan penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya dengan merancang pembelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik. Model pembelajaran IPA yang digunakan di MTs YPI Klambu masih berpusat pada peserta didik yaitu dengan model konvensional secara ceramah. Kurangnya variasi model pembelajaran membuat perhatian dan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran menjadi kurang maksimal sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, dan pendekatan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian observasi untuk menjawab rumusan masalah kedua. Teknik pengambilan sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan responden peserta didik kelas VIII. Data diperoleh dari wawancara, tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji normalitas, Uji homogenitas, dan uji hipotesis uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model project based learning pada pembelajaran campuran (blended learning) terhadap hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar yang dicapai dalam penelitian ini adalah hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada tingkat kemampuan mengetahui sebesar 32,43%, memahami sebesar 11,71%, menerapkan sebesar 25,94%, dan menganalisis sebesar 10,14%. Adapun hasil belajar ranah afektif pada aspek keaktifan peserta didik sebesar 68%, serta hasil belajar ranah psikomotor pada aspek keterampilan berkomunikasi peserta didik memperoleh nilai antara 60-80. 2) Langkah-langkah pembelajaran model PjBL blended learning yang dilakukan pendidik dan peserta didik sudah terlaksana sesuai dengan RPP yang dibuat akan tetapi pembuatan proyek peserta didik tidak sesuai dengan perencanaan yang dibuat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning, Blended, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:52 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6466 |
Actions (login required)
View Item |