Pengaruh Bimbingan Karir dengan Teknik Bimbingan Klasikal Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas IX di MTs N 2 Kudus

Alayya, Anida Dina (2021) Pengaruh Bimbingan Karir dengan Teknik Bimbingan Klasikal Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas IX di MTs N 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (448kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (442kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (722kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (662kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (668kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (399kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (515kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan karir dengan teknik bimbingan klasikal pada siswa kelas IX di MTs N 2 Kudus. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan karir dengan teknik bimbingan klasikal dalam pengambilan keputusan karir siswa kelas IX di MTs N 2 Kudus. (3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan karir dengan teknik bimbingan klasikal terhadap pengambilan keputusan karir siswa kelas IX di MTs N 2 Kudus. Agar tujuan yang dijelaskan diatas dapat tercapai, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 126 siswa dimana terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah masing - masing 63 responden dengan jumlah pertemuan untuk kelompok ekperimen 5 kali sedangkan kelompok kontrol 5 kali yaitu ketika pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada responden, wawancara, dan dokumentasi. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan Uji validitas, Uji relibilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji hipotesis (Uji t). sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Subyek penelitian ini adalah peserta didik MTs N 2 Kudus dengan kategori pengambilan keputusan karir siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa bimbingan karir dengan teknik bimbingan klasikal ini dilakukan selama 5 kali pertemuan. Dalam pelaksanaan bimbingan klasikal siswa mempunyai atusias yang sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan model skala likert dimana koefisien validasi itemnya antara 0,206 - 0,668 dan koefisien relibilitasnya 0,917. Hasil dari uji t yaitu terdapat tiga table dimana table yang pertama menjelaskan tentang rata – rata pre test yaitu 106,65, sedangkan untuk hasil pos test nya yaitu sebesar 123,78. Table kedua menjelaskan tentang nilai korelasi, dimana besar nilai korelasinya yaitu 0,938 yang artinya memiliki korelasi yang sempurna, dan yang terakhir yaitu hasil dari uji paired sample t test yaitu menunjukkan nilai signifikansinya sebesar 0,000 dimana nilai tersebut kurang dari 0.05. jika nilai signifikasi sebesar 0.000 maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pre test dan post test peserta didik. Dengan adanya perbedaan dan memiliki korelasi yang sempurna maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan karir dengan teknik bimbingan klasikal terhadap pengambilan keputusan karir siswa kelas IX di MTs N 2 Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Bimbingan Klasikal, Pengambilan Keputusan Karir
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:50
Last Modified: 18 Jan 2022 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item View Item