Model Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Ulya Addahaniyah Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Khakim, Muhammad Ruslanul (2021) Model Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Ulya Addahaniyah Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (600kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (780kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (639kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (520kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (700kB)

Abstract

Penelitian ini akan meneliti tentang “Model Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Ulya Addahaniyah Desa Talun Kecamatan Kayen Kabupaten Pati.” Pendidikan Diniyah Formal yang lebih singkatnya sering diebut dengan PDF. Model PDF ini lebih sering dianggap sebagai pengembangan dari madrasah diniyah. Namun kenyataannya banyak perbedaan padanya. PDF ini tergolong baru maka banyak hal yang belum terkuak dan diketahui oleh sebagian besar masyarakat luas. Berangkat dari kenyataan tersebut. Penulis tergugah untuk meneliti Tentang PDF ini. Karena jika mau diteliti sangat luas aspek yang ada didalamnya maka peneliti memilih kurikulumnya saja.. subyek penelitian ini adalah 6 siswa pendidikan diniyah formal, petugas tata usaha , dan kepala pendidikan diniyah formal tingkat ulya. Penelitian ini merupakan penelitian Lapangan (Field Research), dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi. Setelah data-data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis reduksi data (reduction) dan Penyajian data (data display) dan veifikasi data (verification). Setelah data-data tersebut terkumpul maka Hasil Penelitian ini menunjukan beberapa point Penting. Pertama, Kurikulum PDF Addahlaniyah tingkat ulya sesuai dengan Rancangan kurikulum dari pusat hanya saja menyesuaikan dengan keadaan lingkungan pesantren. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dikelas menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pondok pesantren. Kelebihan pembelajaran seperti ini dapat memfasilitasi santri mencapai tujuan ilmu agama lebih luas dan diakui oleh pemerintah dan masyarakat umum, meskipun penyesuaian pembelajaran ini membutuhkan waktu lebih lama untuk bias secara sempurna dilaksanakan di Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Diniyah Formal, Pendidikan Diniyah Tingkat Ulya, Kurikulum ulya.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:52
Last Modified: 25 Jan 2022 03:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item View Item