Konsep Ta’dzimul Ilmi Wa Ahlihi dalam Kitab Ta’lim Muta’lim dan Relevansinya Terhadap Nila-Nilai Pendidikan Akhlak Siswa Kelas 12 Mu’alimin Mu’alimat Rembang

Astuti, Erlina Novi (2021) Konsep Ta’dzimul Ilmi Wa Ahlihi dalam Kitab Ta’lim Muta’lim dan Relevansinya Terhadap Nila-Nilai Pendidikan Akhlak Siswa Kelas 12 Mu’alimin Mu’alimat Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (512kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (776kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (436kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses perkembangan zaman yang begitu cepat kurang diseimbangkan dengan penanaman karakter pada diri setiap individu, hal ini menyebabkan banyak masalah bermunculan yang menunjukkan degradasi moral sedangkan di dalam lingkup sekolah sendiri belum ada ilmu khusus yang mengajarkan peserta didik tentang ilmu dalam hal pendidikan akhlak yang baik untuk mengagungkan ilmu dan menghormati guru. MA. Kelas 12 Mu’alimin Mu’alimat Rembang untuk menanamkan nilai-nilai karakter dalam diri peserta didik salah satunya dengan mengadakan mata pelajaran Ta’lim Muta’alim. Tujuan diadakannya penelitian ini ialah mengetahui dan memahami bagaimana penanaman karakter husnul adab yang dilakukan melalui pembelajaran Ta’lim Muta’alim.. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang di MA. Kelas 12 Mu’alimin Mu’alimat Rembang, dengan subyek guru Ta’lim Muta’allim, kepala sekolah, dan peserta didik kelas I2. Sedangkan, obyek penelitian ini ialah penanaman karakter mengagungkan ilmu dan menghormati guru melalui pembelajaran Ta’lim Muta’allim yang dilakukan dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah : 1) Konsep Ta’dzimul Ilmi Wa Ahlihi pada kitab Ta’lim Muta’alim diantaranya pertama konsep Menghormati guru menurut Syekh Az-Zarnuji yaitu : tidak duduk pada tempat duduk guru, tidak berjalan keras didepan guru, tidak mengawali percakapan dengan gurunya selain atas izinya, tidak banyak berbicara disisi guru, tidak menanyakan suatu hal pada guru saat ia sedang jenuh, dan tidak mengetuk pintu ruang guru sampai menunggu ia keluar. Sementara ketika memilih guru, seharusnya memilih seseorang yang lebih tua dari kita, pandai, bermartabat. Yang kedua Konsep memuliakan ilmu diantara yaitu :Tidak memanjangkan kaki ke arah kitab, Bagus saat menulis kitab, janganlah terlalu kecil kemudian tidak jelas, Meninggalkan Akhlak Tercela, Memuliakan Gurunya. 2) konsep yang ditanamkan untuk menghormati guru dan mengagungkan ilmu/kitab melalui pembelajaran ta’lim muta’lim di MA. Kelas 12 mu’alimin mu’alimat rembang dengan tiga cara yakni: pembiasaan, keteladanan, ataupun pemahaman akan ilmu tersebut. 3) Terdapat nilai pendidikan akhlak yang ada pada kitab Ta’lim Muta’allim yaitu menyangkut hubungan manusia dengan sesama dan hubungan manusia dengan Allah SWT. Seperti yang sudah diterangkan pada teori ruang lingkup pendidikan akhlak yang meliputi tingkah laku akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada Allah, serta akhlak pada konteks kemasyarakatan, baik kerabat, keluarga, atau interaksi sosial yang lebih luas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: DAFTAR PUSTAKA A.Kholik dan A. Mahruddin. Konsep Adab Belajar Murid Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim The Concept Of Learning Attitude In The Book Of Ta’lim Muta’alim. Jurnal Sosial Humainiora.4, No. 1 (2013). Abdul Rachman Saleh, Pendidikan Agama Dan Keagamaan.Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa, 2000. Agus Waluyo dan Mufid Rizal Sani. Konsep Pendidikan Akhlak dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak di Indonesia.Jurnal Tawadhu’. 3, No. 2.(2017). Ali Mustofa, Metode Keteladanan Prespektif Pendidikan Islam, Cendekia: Jurnal Studi Keislaman 5, no 1 (2019) Amin, Saifuddin, Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba’in An�Nawawiyah. Indramayu, CV.Adanu Abimata, 2021. Arikunto, Suharsini, Prosedur Prnrlitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI.Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2017. Asnawawi, Fitriani dkk, Akidah Akhlak Untuk MTs Kelas VII Semester I.Klaten: Viva Pakarindo , 2020. Bahroini, Muhammad. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taisirul Khalaq Karya Syaikh Khafidh Hasan Al-Mas’udi. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 8 No. 3 (2018). Burhanul Islam Al-Zarnuji, Kitab Ta’lim Muta’alim Tariq Al�Ta’allum fasal 4, (2017). Dapertemen Agama, Republik Indonesia Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: PT.Kumudasmoro Grafindo,2006. Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2020. Farida Jaya. Pemikiran Pendidikan Islam Az-Zarnuji, Tazkiya 8, No. 1 (2019). Fitri, Anggi. Pendidikan Karakter Persepektif Al-Qur’an Hadits. Jurnal Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, No.2 (2018). H. Muhtadi. Konsep Pendidikan Akhlak Persepektif Ibn Miskawaih. Jurnal Sumbula 1, No. 1 (2016) Hamid, Abdullah. Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Pelajaran dan Santri Dalam Era IT dan Cyber Culture Imtiyaz (2017). Hasfah Sitompul, Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Penanaman Nilai-nilai dan Pembentukan Sikap Pada Anak 4, no 1 (2016). Https://news.detik.com/berita/d-4899811/keutamaan-ilmu-islam�dan-dalilnya-dalam-al-qur’an (diakses pada tanggal 3 Maret pukul 8.37 WIB). Ibrahim Sirait, dkk, Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pengembangan Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan, Jurnal Edu Riligia 1, No. 4 (2017). Imas Jihan Syah, Metode Pembiasaan seabagai upaya dalam penanaman kedisiplinan anak terhadap pelaksanaan ibadah (tela’ah hadits Nabi tentang perintah mengajarkan anak dalam menjalankan sholat, Jurnal JCE 2, No 2 (2018). Manshur, Fadlil Munawar.Budaya Pesantren dan Tradisi Pengajian Kitab. Jurnal Humaniora 18 No. 2 (2017). Moch. Mashun dan Danish Wulydavie Maulidina, Konsep Pendidikan Dala Kitab Ta’lim Muta’alim Karya Syekh Az-Zarnuji Dan Kitab Washoya Al-Aba’Lil-Abna’ Karya Syekh Muhammad Syakir, Jurnal Bidayatuna 02, No. 02 (2019). Muchtar dkk. Konsep Pendidikan Akhlak dan Dakwah Dalam Perspektif Dr. KH. Zaky Mubarak, Jurnal Studi Al�Qur’an: Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani 12, No. 2 (2016). Muhammad abdul Halim sdiq dan rika fausiyah, Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Karya Amirullah Syarbini, Jurnal Bidayatuna, 2, No 1 (2019). Nashihin, Khoirun.Konsep Pendidikan Islam Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim Karya Az-zarnuji. Jurnal Tarbiyah, 1 No. 1 (2018). Noer, Ali dkk. Konsep Adab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Al-Hikmah 14, No. 2 (2017). Saihu. Etika Menutut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim, Jurnal Kjian Ilmu dan Budaya Islam.3, No.1(2020). Shofwan, Arif Muzayin. Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji : Telaah kitab Ta’lim Muta’alim. Jurnal Riset dan Konseptual 2, No. 4 (2017). Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabeta,2020. Suriadi, Etika Interaksi Edukatif Guru dan Murid Menurut Perspektif Syaikh ‘Abd Al-Samad Al-Falimbani, Jurnal Of Islamic Education 01, No. 02 (2018). Usman, Husaini Dkk. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017. Wahidin, Ade. Konsep Ulama Menurut Al-Qur’an (Studi Analisis atas Surat Fathir Ayat 28). Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 1, No.1 (2018). Wawancara Chamidah, Wawancara oleh penulis, wawancara 8, transkip, 18 Juni ,2021. Dokumentasi, Buku Profil Sejarah dan Perkembangan Madrasah Aliyah Mu’alimin Mu’alimat Rembang. Dokumnetasi, Papan Visi Misi di madrasah MA.Mu’alimin Mu’alimat Rembang, pada tanggal 13 Januari 2021 pukul 10.00 WIB. Falah, Wawancara oleh penulis, wawancara 9, transkip, 18 Juni ,2021. Khofifah, wawancara oleh penulis, wawancara 7, transkip, 02 Febuari, 2021. Khusairi, Wawancara oleh penulis, wawancara 11, transkip,18 Juni ,2021. Lilik, wawancara oleh penulis , wawancara 10, transkip, 18 Juni, 2021. Muslich,Munib, wawancara oleh peniis, wawancara 1, transkip, 7 Januari, 2021. Muslich,Munib, wawancara oleh peniis, wawancara 3, transkip,9 Januari, 2021. Muslich,Munib, wawancara oleh peniis,wawancara 2, transkip,8 Januari, 2021. Observasi di Madrasah Aliayh Mu’alimin Mu’alimat Rembang. Observasi, Guru Ta’lim Muta’alim, pada tanggal 22 Januari 2021 jam 09.30 WIB. Pandoli,Ridwan,wawancara oleh penulis,Wawancara 4,transkip,13 Januari, 2021. Rahman, Fathurwawancara oleh penulis, wawancara 5, transkip,17 Januari, 2021. Syarifah, wawancara oleh penulis, wawancara 6, transkip 05 Febuari, 2021
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:51
Last Modified: 26 Jan 2022 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6563

Actions (login required)

View Item View Item