Analisis Penanaman Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SD 2 Gulang Mejobo Kudus

Nengrum, Ayu Lestari (2021) Analisis Penanaman Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SD 2 Gulang Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (528kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (518kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), yang mana peneliti mencari informasi dengan cara penelitian langsung ke lapangan bertemu dan melakukan proses pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, yakni menggali data penelitian dan menyajikan keadaan yang sebenarnya di lokasi penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran penanaman karakter, pelaksanaan pembelajaran penanaman karakter, serta evaluasi pelaksanaan pembelajaran penanaman karakter pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SD 2 Gulang Mejobo Kudus. Subyek atau informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah, dua guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas III dan IV, serta peserta didik di kelas III dan IV SD 2 Gulang Mejobo Kudus. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Dan teknik analisis datanya menggunakan data collection, data reduction, data display, dan conclusions. Analisis penelitian ini menunjukan bahwa pendidik di SD 2 Gulang Mejobo Kudus telah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran penanaman karakter, melaksanakan pembelajaran penanaman karakter, dan mengevaluasi pembelajaran penanaman karakter di SD 2 Gulang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran penanaman karakter pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan disusun berdasarkan silabus dan kurikulum 2013. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun dan dikembangkan guru dengan menganalisis KI/KD, menyusun tujuan pembelajaran, mempersiapkan bahan ajar dan materi pembelajaran yang dapat menanamkan karakter peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 2) Pelaksanaan pembelajaran penanaman karakter pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilaksanakan dengan menggunakan panduan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, buku ajar, referensi lain seperti buku ensiklopedia dan pengalaman dalam penanaman karakter pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penanaman karakter pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan metode ceramah, teladan, pembiasaan, diskusi dan tanya jawab. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu nilai karakter religius, disiplin, kerja keras, mandiri, gemar membaca, rasa ingin tahu, toleransi, komunikatif, peduli lingkungan, tanggung jawab dan menghargai prestasi. 3) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran penanaman karakter pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dilakukan dengan observasi atau pengamatan langsung sikap maupun perilaku peserta didik selama proses pembelajaran, mencatat perilaku positif dan negatif peserta didik baik didalam maupun diluar pembelajaran, melalui pemberian tugas, dan mengecek kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas. Untuk lebih meningkatkan kualitas karakter pada peserta didik dan memperbaiki strategi penanaman karakter yang telah dilakukan, pendidik di SD 2 Gulang melakukan evaluasi baik dalam tujuan pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan, serta ketercapaian indikator dalam menanamkan karakter pada peserta didik. Sedangkan kendala utama dalam mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran penanaman karakter disebabkan oleh keterbatasan waktu yang dimiliki oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:33
Last Modified: 27 Jan 2022 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6567

Actions (login required)

View Item View Item