Chamidah, Wanda (2021) Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Literasi Sains Siswa Dalam Materi Keanekaragaman Hayati (Studi Kasus di MA NU Nurul Ulum Jekulo Tahun Ajaran 2021/2022). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (568kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (898kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (710kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (818kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Ausio Visual terhadap literasi sains siswa di MA NU Nurul Ulum Jekulo, (2) untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi sains siswa kelas X MIPA MA NU Nurul Ulum Jekulo., (3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audio visual terhadap literasi sains siswa kelas X MIPA MA NU Nurul Ulum Jekulo. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantiatif dan desain penelitiannya yaitu posttest-Only control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA MA NU Nurul Ulum. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 3 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 1 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Adapun data diambil dengan menggunakan teknik lembar observasi, kuesioner, dan tes soal pilihan ganda kemampuan literai sains. Hasil penelitian berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran mendapatkan skor presentase 88%, hasil tersebut termasuk dalam rentang skor 81-100% yang artinya keterlaksanaan model pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Hasil kuesioner siswa terhadap model pembelajaran dikategorikan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai 81,78 atau 82 masuk dalam interval 76-85 kategori baik. Tingkat kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh kelas eksperimen memiliki peningkatan kemampuan literasi sains yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut dapat dilihat pada perbandingan presentase literasi sains kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji independent t test yaitu nilai mean thitung > ttabel (5,319>1,997), atau nilai thitung adalah 5,319 yang berarti terletak di luar range -1,997 sampai +1,997. Berdasarkan hal tersebut maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya ada perbedaan literasi sains antara kelas eksperimen dan kontrol. Jika H1 diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audio visual terhadap literasi sains siswa dalam materi keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Media Audio Visual, Kemampuan Literasi Sains Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 02:01 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6588 |
Actions (login required)
View Item |