Masudatik, St Mamik (2021) Model Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Pembiasaan (Habit Forming) Studi Kasus Model Pembiasaan Dengan Kegiatan Religi di MA Sultan Agung Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (974kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (401kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (304kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (472kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (516kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (290kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mendeskripsikan model pendidikan karakter ( hormat dan santun) dengan pendekatan pembiasaan (habit forming) Senyum, sapa dan salam di Madrasah Aliyah Sultan Agung kecamatan Sukolilo kabupaten pati, (2) Untuk mendeskripsikan perilaku pembiasaan (habit forming) senyum sapa dan salam di Madrasah Aliyah Sultan Agung kecamatan Sukolilo kabupaten pati, (3) Untuk mendeskripsikan hasil yang diperoleh dari model pendidikan karakter hormat dan santun dengan pendekatan pembiasaan (habit forming) Senyum sapa dan salam di Madrasah Aliyah Sultan Agung kecamatan Sukolilo kabupaten pati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sumber skunder. Sumber primer berupa observasi dan wawancara yang bersifat langsung yaitu peneliti, kepala, guru, pegawai/ karyawan beserta murid di Madrasah Aliyah Sultan Agung kecamatan Sukolilo kabupaten Pati. Sumber skunder berupa catatan, transkrip, buku yang tersimpan dan berkaitan dengan Pendidikan karakter melalui penerapan pembiasaan di Madrasah Aliyah Sultan Agung kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terpimpin dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data, triangulasi waktu dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) pendidikan karakter hormat dan santun di MA Sultan Agung dilaksanakan menggunakan pendekatan pembiasaan, terintegrasi kegiatan ekstrakurikuler, terintegrasi mata pelajaran, dan pengkondisian lingkungan. (2) Pendekatan pembiasaan (Habit Forming) terprogram didlam pelaksanaan kegiatan keagamaan, pemberian tugas dan berperilaku terpuji. (3) Hasil langsung yang diperoleh dari model pendidikan karakter dengan pendekatan pembiasaan (habit forming) senyum, sapa dan salam yaitu mayoritas siswa bersikap hormat dan santun
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter hormat dan santun, pendekatan pembiasaan (habit forming) senyum, sapa dan salam, , MA Sultan Agung |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 03:25 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 03:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6691 |
Actions (login required)
View Item |