Implementasi Falsafah Gusjigang Dalam Pendidikan Karakter Kewirausahaan Muslim di SMK Al-Islam Kudus

Sholichah, Dyah Mar’atis (2021) Implementasi Falsafah Gusjigang Dalam Pendidikan Karakter Kewirausahaan Muslim di SMK Al-Islam Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (160kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (98kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (206kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim di SMK yang meliputi 1) konsep implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim di SMK Al-Islam Kudus, 2) metode implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim di SMK Al-Islam Kudus, 3) langkah-langkah implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim di SMK Al-Islam Kudus, 4) dampak implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim di SMK Al-Islam Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field Research) dengan metode deskriptif. Penelitian ini memiliki fokus penelitian pada pelaku, tempat, dan kegiatan yang dilaksanakan di SMK Al-Islam Kudus. Sumber data diperoleh dari dari data primer yaitu Waka. Kurikulum dan data sekunder diperoleh dari pendidik kewirausahaan dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan kredibiltas dan teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim di SMK yaitu suatu penerapan nilai-nilai falsafah gusjigang dalam lembaga pendidikan SMK Al-Islam Kudus untuk mencetak peserta didik yang berkarakter sesuai dengan karakter gusjigang. Implementasi Falsafah Gusjigang di SMK Al-Islam Kudus meliputi: 1) Konsep implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim yaitu upaya penerapan nilai-nilai karakter Gusjigang ke dalam aktivitas pendidikan dengan tujuan mencetak akhlakul karimah peserta didik sesuai nilai akhlak ilmiah karya, dan produktif. 2) Metode implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim yaitu nilai-nilai yang ada di dalam falsafah gusjigang dibaurkan menjadi satu kesatuan dan menempatkan nilai-nilai tersebut sebagai mata pelajaran, ekstrakurikuler dan aktivitas-aktivitas sekolah lainnya. 3) Langkah-langkah implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim yaitu melihat lingkungan luar sekolah, menyiapkan strategi pelaksanaan, membuat wadah tempat penerapan falsafah gusjigang (kegiatan), membuat inovasi industri, 4) Dampak implementasi falsafah gusjigang dalam pendidikan karakter kewirausahaan muslim di yaitu perubahan tingkah laku peserta didik menjadi lebih baik, berperilaku berani dan mandiri, pantang menyerah, jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Falsafah Gusjigang, Pendidikan Karakter, Kewirausahaan, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Mar 2022 07:57
Last Modified: 14 Mar 2022 07:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6739

Actions (login required)

View Item View Item