Adawiyah, Siti Robbiyatul (2022) Nilai-nilai Akidah Akhlak Dalam Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi Relevansinya Dengan Tujuan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (397kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (490kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (871kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (427kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (893kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (341kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
Abstract
Nilai akidah adalah pondasi dari berdirinya agama Islam. Semakin kokoh nilai akidah seseorang, maka akan kokoh pula karakter atau akhlak yang ia miliki. Akibatnya, penyimpangan demi penyimpangan terjadi baik di lingkungan lembaga pendidikan ataupun lingkungan masyarakat. Pertikaian remaja, kasus bunuh diri hingga tren penyalahgunaan narkoba sebagai bukti lunturnya tatanan nilai-nilai akidah akhlak di era globalisasi. Novel merupakan sebuah karya sastra yang menjadi media alternatif penanaman nilai-nilai akidah akhlak. Penelitian ini meneliti nilai-nilai akidah akhlak yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara dan relevansinya dengan Pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai akidah akhlak dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi relevansinya dengan kurikulum pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan deskriptif analisis (descriptive of analyze research). Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analyze). Proses analisis dimulai dengan merumuskan pertanyaan penelitian, memilih media atau sumber data yang relevan dengan rumusan masalah, melakukan teknik sampling, mencari definisi operasional yang mampu merumuskan teks-teks, membuat kategori dan pengkodean data, membuat skala yang sesuai dengan item-item dan menafsirkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai akidah akhlak dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi yaitu: (1) Taat, taat berarti menjalani apapun perintah Allah dan menghindari apapun larangan-Nya, meliputi: Shalat, patuh terhadap ulil ‘amri dan menjaga pandangan; (2) Tawakal, tawakal berarti usaha maksimal yang diiringi dengan pemasrahan doa kepada Sang Kuasa; (3) Raja’ (Harapan), berarti selalu mengharap kepada Allah. Harapan ditandai dengan doa dan sikap optimis bagi pelakunya; (4) Percaya diri atau yakin dengan diri sendiri. Sikap yakin dengan kemampuan diri. Nilai-nilai akidah akhlak dalam novel Negeri 5 Menara relevan dengan tujuan pengembangan kurikulum pendidikan Islam yaitu mempersiapkan pribadi dan warga negara yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, produktif, kreatif, inovatif, dan kolaboratif serta mampu menjadi bagian dari solusi terhadap berbagai permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Akidah akhlak, Novel Negeri 5 Menara, Tujuan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 03:00 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 03:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6812 |
Actions (login required)
View Item |