Peran Pengurus Dalam Menanamkan Karakter Religius Anak Asuh Melalui Kegiatan Keagamaan di Panti Asuhan Al-Amin Munggugebang Benjeng Gresik

Sholikhah, Zumrotun Nafsus (2022) Peran Pengurus Dalam Menanamkan Karakter Religius Anak Asuh Melalui Kegiatan Keagamaan di Panti Asuhan Al-Amin Munggugebang Benjeng Gresik. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (770kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Peran pengurus dalam lingkup panti asuhan memanglah sangat penting, karena memiliki fungsi sebagai pembimbing anak asuhnya supaya menjadi manusia yang berkarakter, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang proses kegiatan keagamaan dalam menanamkan karakter religius anak asuh, dan mengetahui serta menganalisis peran pengurus dalam menanamkan karakter religius anak asuh melalui kegiatan keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan di Panti Asuhan Al-Amin Munggu Gebang Benjeng Gresik. Subyek penelitiannya yaitu pengurus dan anak asuh panti asuhan Al-Amin Munggu Gebang Benjeng Gresik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teori dari Miles and Huberman yaitu dengan menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam kegiatan keagamaan Panti Asuhan Al-Amin memiliki beberapa kegiatan keagamaan. 2) Peran pengasuh dalam menanamkan karakter religius anak asuh di Panti Asuhan Al-Amin dengan memberikan bimbingan dan pendidikan, memberikan teladan yang baik dan memberikat motivasi dan nasehat. 3) Faktor pendorong yaitu, Adanya dukungan dari pengasuh, guru, pengurus, lingkungan dan pergaulan di panti yang kondusif dalam penanaman nilai-nilai religius. Sedangkan faktor penghambat yang meliputi faktor internal yaitu faktor bawaan dari keluarga, timbulnya naluri malas dan bosan dari anak itu sendiri, sedangkan faktor eksternalnya yaitu adanya pengaruh dari lingkungan atau di luar diri anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran pengurus, karakter religius
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:47
Last Modified: 18 Mar 2022 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6838

Actions (login required)

View Item View Item